oleh

Selain Kecilkan Perut Sit Up Atasi Masalah Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com Sit up menjadi salah satu gerakan olahraga yang sangat dasar. Hampir setiap orang mahir melakukannya. Biasanya sit up sering dilakukan untuk membentuk serta menguatkan otot perut dan panggul. Tidak hanya membentuk otot perut dan panggul saja, masih banyak manfaat sit up lainnya untuk kesehatan tubuh.

Sit up adalah olahraga perut klasik yang dilakukan dengan cara berbaring terlentang, dan mengangkat tubuh. Inti dari gerakan ini adalah mengencangkan otot perut menggunakan berat badan.

Manfaat Sit Up Atasi Masalah Kesehatan Tubuh

Dilansir dari laman Tempo.Com, Kamis (4/6/2020) berikut beberapa manfaat sit up untuk kesehatan tubuh yang tidak hanya untuk menguatkan otot perut dan panggul saja.

3SIT ups
Ilustrasi

Tubuh Akan Lebih Stabil Dan Seimbang

Manfaat sit up selanjutnya adalah menstabilkan dan menyeimbangkan tubuh, terutama saat menjalani aktivitas fisik sehari-hari. Sit up membuat otot panggul, punggung bagian bawah, dan pinggul bekerja lebih harmonis. Jika hal ini telah dicapai, Anda tidak akan mudah terjatuh dan mengalami cedera.

Meningkatkan Fleksibilitas

Gerakan tulang belakang saat melakukan sit up bisa mencegah kekakuan tulang belakang dan pinggul. Sit up juga membuat pinggul dan punggung Anda lebih fleksibel. Otomatis, mobilitas tubuh pun meningkat.

Meningkatkan Postur Tubuh
Sering sit up disebut bisa membuat pinggul, tulang belakang, dan bahu tetap sejajar. Otomatis, postur tubuh yang baik akan didapatkan. Memiliki postur tubuh yang baik akan membawa manfaat untuk Anda, yakni mengurangi ketegangan tubuh, meningkatkan energi dan pernapasan.

Menurunkan Risiko Nyeri Punggung

Sit up juga memperkuat punggung bawah, pinggul, hingga panggul. Dengan begitu, risiko nyeri punggung bisa dihindari. Namun, Anda harus tetap hati-hati dalam melakukan sit up. Jika melakukan kesalahan dalam bergerak, maka nyeri punggung malah akan datang.

Memperkuat Diafragma

Diafragma adalah pemisah rongga perut dan rongga dada. Ketika menarik napas, tubuh akan menggunakan diafragma untuk mendapatkan oksigen maksimal. Manfaat sit up selanjutnya adalah memperkuat diafragma. Jika diafragma Anda kuat, maka pola pernapasan akan meningkat, stres bisa berkurang, daya tahan atletik pun terjaga.

Mempermudah Aktivitas Fisik

Akibat penuaan, melakukan hal-hal yang mudah seperti mengikat tali sepatu, bisa terasa sulit. Itulah sebabnya, melakukan latihan perut dengan sit up, bisa membantu Anda melakukan aktivitas fisik di usia tua. Selain itu, bagi para atlet atau pencinta olahraga, manfaat sit up juga sangat berguna untuk menjaga ketahanan tubuh dan menghindari kondisi mudah lelah, saat beraktivitas fisik.

Itulah informasi terkait manfaaat Sit Up Atasi Masalah Kesehatan Tubuhyang bisa anda terapkan di kehidupan sehari-hari.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Tempo.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar