oleh

Meriahkan Hardiknas, SMPN 1 Sumenep Gelar Komet

PortalMadura.Com, Sumenep Pada momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2021, SMPN 1 Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Kompetisi Matematika (Komet).

Terdapat 109 peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut. “Kegiatan Komet merupakan agenda tahunan SMPN 1 Sumenep (Spensa),” terang Kepala Sekolah SMPN 1 Sumenep, Syaiful Rahman.

Pesertanya, kata dia, seluruh siswa tingkat SD kelas 6 se-Kabupaten Sumenep, baik negeri maupun swasta. “Tujuannya untuk menyeleksi bibit-bibit yang nantinya dapat bermanfaat di PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru),” katanya.

Ia menjelaskan, bagi peserta yang masuk 10 terbaik pada Komet tersebut dapat masuk ke SMP Negeri 1 Sumenep sebagai sekolah rujukan. Dan mereka yang masuk semifinalis mendapatkan sertifikat.

Pada proses pelaksanaan, pihaknya memastikan semua peserta tetap menggunakan protokol kesehatan (prokes). “Maksimal 16 anak di dalam kelas,” sebutnya.

Kompetisi juga menggunakan tablet atau komputer yang disediakan atau dimiliki oleh pihak sekolah. Ada 350 tablet bantuan dari Kemendikbud.

“Jadi anak tidak mengerjakan di kertas, langsung di tablet/komputer,” terangnya.

Pelaksanaan kegiatan Komet dilakukan bertahap dan penutupan akan dilaksanakan di babak semi final dan final dijadwalkan pada 23 Mei 2021 (setelah hari raya).

“Jadi, ini dipilih berjenjang, semi final dulu dan final 6 besar. Kemudian yang mendapat uang pembinaan dan piala tetap yaitu 6 besar,” terangnya.

Sedangkan piala bergilir, kata dia, akan diberikan kepada sekolah yang memiliki juara terbanyak.

Kegiatan tersebut, juga sebagai upaya untuk menyeleksi lebih awal untuk mendapatkan talenta anak-anak yang akan masuk ke SMPN 1 Sumenep, lewat jalur prestasi.(*)

Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar