oleh

Ingin Jadi Peternak Milenial yang Sukses? Yuk Intip 7 Caranya

PortalMadura.Com – Di masa pandemi Covid-19, banyak orang khususnya para kaum milenial sulit mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya. Alhasil, menganggur menjadi pilihan dalam hidupnya.

Mau sampai kapan Anda seperti itu?. Jangan hanya mengandalkan pekerjaan kantoran dengan gaji tetapnya. Saatnya Anda melek dunia bisnis mulai sekarang. Cari peluang usaha yang sekiranya memiliki banyak untung tapi masih bisa bersantai di rumah, menjadi peternak milenial salah satunya.

Ya, secara kasat mata mungkin ini tampak sepele dan sering diremehkan, tapi jangan kira Anda tidak bisa sukses dengan usaha ternak ini. Nah, bagi Anda yang punya minat di bidang peternakan dan ingin berwirausaha mandiri di rumah, berikut ada tujuh tips agar Anda jadi peternak milenial yang sukses.

Yuk simak caranya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Minggu (2/5/2021) dari laman Idntimes.com:

Punya Niat dan Tekad Kuat Sebelum Terjun ke Dunia Peternakan

Memiliki niat yang betul-betul yakin bahwa Anda mantap terjun ke dunia ternak hewan hukumnya paling wajib. Di samping itu, dibarengi dengan tekad kuat sangat mendukung awal cerita dari perjalanan usaha Anda.

Ini penting untuk dimiliki oleh peternak milenial, karena berkecimpung sebagai seorang peternak bagi anak muda terkadang mendapat stigma kurang mengenakkan di masyarakat awam. Apalagi semisal milenial sarjana teknik, tapi milenial punya peternakan sapi misalnya. Mereka pasti menganggap sarjana teknik milenial tidak berguna sama sekali.

Tentukan Jenis Ternak yang Anda Mau

Poin ini sangat berkesinambungan dengan awal rencana Anda selagi dalam alam pikiran. Memilih jenis hewan yang ingin dipelihara sangat vital menjadi keputusan. Semisal nih, jika Anda suka dengan sapi, Anda bisa pelihara sapi.

Pemilihan jenis ternak Anda juga harus melihat persiapan lain juga ya, seperti luas lahan yang akan dibangun sebagai tempat usaha, sumber daya alam apakah memadai untuk memasok kebutuhan sehari-hari sangat penting untuk diperhatikan.

Ingat juga ya, karena Anda masih debutan, alangkah baiknya tidak lupa untuk minta saran kepada orang tua, atau orang yang piawai terkait dunia peternakan yang bakal Anda geluti. Masukan mereka akan sangat bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan.

Karena Anda juga termasuk golongan anak muda yang hidup pada zaman serba teknologi, mencari referensi di dunia digital seperti internet juga bisa mempermudah. Banyak sekali infromasi seputar peternakan dan peluang yang dapat Anda akses.

Mengetahui Seluk Beluk Peternakan Impian, Minimal Paham Cara Pemeliharaan dan Perawatan

Sama seperti proses wirausaha pada umumnya. Millenial yang baru nyemplung juga harus memiliki bekal dan beragam ilmu dasar sebelum mengarungi derasanya ombak kehidupan berwirausaha. Andaikata Anda ingin berlayar di laut namun tidak punya kapal. Mau gimana?

Belajar tentang bagaimana cara pemeliharaan jenis hewan yang dipilih penting dilakoni supaya dalam prosesnya Anda tidak berat-berat amat. Meskipun sebenarnya Anda bisa dibantu orang lain, tapi lebih afdal secara mandiri mengerti setiap ragam kebutuhan menjadi nilai lebih.

Anggaran Budget Anda Harus Sesuai Kebutuhan

Setelah beragam seluk-beluk ternak Anda kuasai, dan telah mengambil keputusan jenis ternak yang akan dipelihara. Langkah selanjutnya Anda harus memikirkan perhitungan modal awal untuk membangun usaha.

Mempunyai modal setelah rencana matang niscaya akan mempermudah diri Anda untuk melangkah ke step berikutnya. Sembari memikirkan di mana Anda harus mencari pemasok ternak yang unggul. Anda tentu harus berpikir proses pembuatan kandang dan segala riweuh kebutuhan lain.

Kalkulasi biaya awal untuk dua tahap tersebut emang terbilang lumayan. Sebab Anda merintis dari nol, berbeda dengan mereka yang memulai usaha namun dengan embel-embel penerus generasi sebelumnya.

Pemesanan ternak dilakukan jauh hari, tidak tiba-tiba bisa pesan. Pembuatan kandang sesuai dengan jumlah populasi tentu masuk perhitungan teramat penting. Jangan sampai beli sapi 100 ekor, kandang hanya muat untuk 70 ekor saja. Kan repot!

Mulai Berlayar dengan Usaha Baru Anda, Jangan Ragu Berkarier di Dunia Peternakan

Apabila kandang sudah siap dan ternak yang dibeli sudah masuk ke markas, alur Anda selanjutnya adalah memelihara dengan baik dan benar. Baik serta benar diartikan paham mengenai tata cara pemeliharaan dan ketepatan suplai kebutuhan terak (sapronak) secara rutin.

Sapronak meliputi kebutuhan pakan yang tentu harus tercukup setiap waktu. Di samping itu, manajemen masalah apabila terjadi situasi seperti serangan penyakit, bisa Anda tangani secara bijak tanpa panik dengan suplemen vitamin dan obat.

Yang sering dialami oleh peternak pemula adalah masih minim pengalaman terkait bagaimana menangani situasi tidak terduga. Sehingga banyak dari mereka gagal karena kurang arif menyikapi masalah demikian.

Penting Menjalin Komunikasi dengan Sesama peternak, Guna Menambah Relasi dan Ilmu

Wahai peternak milenial, yang perlu dijadikan referensi lain dalam belajar Anda yang masih cukup awam adalah pentingnya menjalin komunikasi dengan peternak senior di daerah Anda atau kota lain bisa dilakukan untuk menambah wawasan.

Selain itu, bergabung di sesama kelompok ternak penting adanya. Di situ juga Anda bisa sharing informasi seputar kehidupan ternak Anda, dan lain hal yang menyangkut masa depan usaha Anda.

Tapi, perlu diketahui. Ketika Anda ingin menjalin komunikasi dengan sesama peternak sejenis usaha Anda, tentu harus paham risiko pahit. Di antaranya ialah mereka terkadang tidak mau berbagi pengalaman dengan alasan takut usaha tersaingi. Apalagi Anda masih amatir. Jadi harus tetep legowo ya.

Menguasi Pasar

Artinya tau kemana hasil usaha Anda akan dijual nantinya. Selaras dengan berbagai proses yang telah dilalui. Mengenai potensi dan sirkulasi barang usaha Anda di dunia pasar mutlak dikuasai. Mengerti akan ke mana hasil ternak Anda akan dijual otomatis mempermudah dalam penjualan.

Di pasaran ada banyak sekali tengkulak hewan ternak atau hasil lain. Eksistensi mereka bisa Anda manfaatkan sebagai objek sasaran penjualan. Biasanya untuk ternak hewan yang menghasilkan daging mudah sekali terserap pasar.

Di era modern, semakin banyak peluang dan kesempatan yang terbuka untuk ditekuni. Tinggal baca peluang dan kembangkan dengan tekun. Bagaimana, mau berkarier di dunia peternakan?. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar