oleh

Meskipun Bau, Petai Punya 5 Khasiat Tersembunyi untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Petai merupakan tanaman sejenis kacang-kacangan yang berkulit lunak. Biasanya makanan ini dijadikan sajian dalam lalapan dan menu masakan enak lainnya. Tidak heran penikmatnya pun lumayan banyak.

Tapi tidak sedikit juga yang kurang menyukainya lantaran aroma baunya yang menyengat. Padahal tahukah Anda, ternyata petai menyimpan banyak khasiat tersembunyi yang bagus bagi kesehatan.

Apa saja manfaatnya itu?. Berikut ulasannya:

Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak
Kalium yang terkandung dalam petai merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh. Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik.

Peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf.

Kemampuan kognitif tersebut antara lain, kemampuan mengingat, kemampuan melakukan rekognisi pola, dan kemampuan dalam mempersepsikan melalui indera. Penelitian di Inggris menguatkan hal ini, di mana para siswa yang mengonsumsi petai pada saat sarapan hingga makan siang, dapat mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah.

Mencegah Anemia
Petai mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang dapat membantu dalam merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi petai dapat membantu Anda dalam mencegah anemia.

Menjaga Kesehatan Jantung
Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan, bahwa mineral kalium di dalam petai dapat mendorong kesehatan kardiovaskular dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, cobalah makan petai. Karena petai mengandung serat yang dapat membantu Anda dalam memperoleh pencernaan yang lebih baik. Selain itu bisa mencegah sembelit.

Mencegah dan Mengatasi Depresi
Petai mengandung triptofan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi sertonin. Dengan kandungan tersebut tentu Anda akan lebih rileks, mood selalu baik, dan rasa bahagia setelah mengonsumsi petai. (merdeka.com/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar