oleh

Miring ke Kanan, Ini Posisi Tidur Yang Dicontohkan Rasulullah

PortalMadura.Com – Islam merupakan agama sempurna yang mengajarkan dengan detail, menganjurkan setiap kebaikan maupun melarang setiap keburukan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, termasuk mengenai aktivitas tidur. Rasulullah menganjurkan umatnya agar selalu menghadap ke kanan ketika akan tidur.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudulah seperti wudu untuk salat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu,” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

Jadi, tidur miring ke kanan adalah posisi tidur yang disunahkan. Tidur miring ke kanan juga lebih sehat dibanding posisi tidur lainnya. Mengapa demikian?. Berikut ulasannya:

Ukuran Paru-paru Sebelah Kanan Lebih Besar dari Sebelah Kiri
Bronkus sebelah kanan posisinya menyamping sehingga lendir mudah dikeluarkan, sedangkan bronkus sebelah kiri posisinya vertikal sehingga sulit dikeluarkan. Jadi, tidur sebelah kanan membantu mengeluarkan lendir yang terdapat di dalam paru-paru.

Beban jantung
Jantung manusia terletak di dalam dada sebelah kiri. Jadi ketika kita tidur mengahadap ke kanan otomatis jantung kita tidak akan terbebani, karena posisi jantung berada di sebelah kiri.

Lambung
Posisi ujung katup keluaran usus yang ada di lambung terdapat diarah kanan bawah. Oleh karena itu, jika tidur di sebelah kiri akan menghambat proses pengeluaran chime (makanan yang telah dicerna oleh lambung dan bercampur asam lambung). Hambatan ini dapat menyebabkan erosi pada dinding lambung karena meningkatnya akumulasi asam. Selain itu, dikarenakan terjadinya erosi dinding lambung dekat pylorus, cairan usus yang bersifat basah bisa kembali menuju lambung.

Jadi, tidur miring ke kanan adalah posisi tidur terbaik. Maka, belajarlah untuk membiasakan diri tidur miring ke kanan. (pintarin.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE