oleh

Momen Turunnya Ayat Basmalah, Allah Hentikan Kehidupan

PortalMadura.Com – Setiap orang dalam kesehariannya pasti memiliki aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan. Entah itu di rumah, di kantor, di pasar atau pun tempat lainnya. Nah, ketika semua aktivitas itu dilakukan umat Muslim dianjurkan untuk mengawalinya dengan mengucapkan basmalah ‘Bismillahirrahmanirrahim‘.

Hal ini disampaikan oleh sabda Rasulullah, “Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bacaan bismillahir rahmanir rahim (Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang), maka perkara itu kurang sempurna“.

Keistimewaan dari ayat ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Bahkan, para sahabat Rasulullah menyepakati ayat ini diucapkan sebelum membaca Kitabullah.

Dilansir PortalMadura.Com, Rabu (10/7/2019) dari laman Okezone.com, saking luar biasanya ayat ini, menurut penjelasan ustaz Mahfud Said, Allah SWT hanya menurunkan basmalah pada dua nabi, yaitu Nabi Sulaiman dan Nabi Muhammad SAW, sebagaimana hadis berikut:

Dari Abu Buraidah, dari ayahnya, Rasulullah bersabda, telah diturunkan kepadaku suatu ayat yang belum pernah diturunkan kepada seorang nabi pun selain Sulaiman ibnu Daud dan aku sendiri, yaitu bismillahirrahmanirrahim (Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang)“.

Tidak hanya dalam urusan pekerjaan yang disunahkan membaca basmalah, saat makan atau minum, berwudu, bahkan berhubungan suami istri juga dianjurkan mengucapkannya.

Sebagaimana sabda Rasulullah, “Ucapkanlah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah makanan yang dekat denganmu“.

Juga pada saat berwudu, “Tidak ada wudu bagi orang yang tidak menyebut asma Allah (bismillah) dalam wudunya“.

Baca Juga : Umat Muslim, Ketahui Keutamaan Baca Basmalah Sebelum Wudu

Loading...

Lebih lanjut terkait hubungan suami istri “Seandainya seseorang di antara kalian hendak mendatangi istrinya, lalu dia mengucapkan, Dengan menyebut asma Allah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau rezekikan (anugerahkan) kepada kami, karena sesungguhnya jika ditakdirkan terlahirkan anak di antara keduanya, niscaya setan tidak dapat menimpakan mudarat terhadap anak itu untuk selama-lamanya“.

Subhanallah, sungguh begitu istimewanya dan pentingnya ayat bismillah dalam setiap perbuatan manusia. Selain tentang keagungan dan keistimewaan basmalah, momen turunnya ayat ini juga tidak luput dari kejadian yang bikin merinding.

Momen Turunnya Basmalah

Pada saat ayat basmallah diturunkan, keadaan pun menjadi sunyi, angin pun terhenti, air laut berhenti bergolak, dan setan-setan dirajam dari langit.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Jabir ibnu Abdullah yang menceritakan bahwa ketika diturunkan kalimat berikut: “Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, maka seluruh awan lari ke arah timur, angin hening tak bertiup, sedangkan lautan menggelora, semua binatang mendengar melalui telinga mereka, dan semua setan dirajam dari langit“.

Pada saat kejadian itu Allah SWT bersumpah dengan menyebut keagungan dan kemuliaan-Nya bahwa tidak sekali-kali asma-Nya (yang ada dalam basmalah, red) diucapkan terhadap sesuatu melainkan Dia pasti memberkatinya.

Mudah-mudahan kita semua senantiasa dan membiasakan melakukan pekerjaan apapun dengan mengawalinya dengan basmalah, semoga bermanfaat,” tuturnya.

Demikian penjelasan mengenai keistimewaan ayat basmalah dan momen turunnya ayat tersebut. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com

Komentar