oleh

Momentum Lebaran, Jadwal Besuk Rutan Klas IIB Sumenep Ditiadakan

PortalMadura.Com, Sumenep – Jadwal besuk Narapidana di Klas IIB Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, ditiadakan pada momentum perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M.

“Hal itu ketentuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) untuk memutus penyebaran Covid-19,” terang Kepala Rutan Klas IIB Sumenep, Viverdi Anggoro, Jumat (7/6/2021).

Sebagai penggantinya, kata dia, pihaknya menyediakan eletronik berupa handphone supaya bisa tersambungkan kepada keluarga mereka masing-masing.

“Meskipun alatnya tidak memadai. Nantinya bisa dilakukan secara bergantian,” katanya.

Pihaknya menyesal ketika narapidana tidak dapat bertatap muka dengan pihak keluarganya apalagi momen Idul Fitri. Sebab, kata dia, perayaan itu hanya sekali dalam setahun. “Dengan bertatap muka, mereka bisa tersentuh psikisnya,” terangnya.

Jika hanya untuk menitip barang, kata dia, bisa langsung diwakilkan kepada petugas Lapas untuk disampaikan kepada orang yang dituju.

Sebelumnya, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Sumenep, Madura meniadakan jam besuk bagi Narapidana sejak Maret 2020 akibat Covid-19.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Fianolita Purnaningtias

Komentar