Moms, Ini 3 Skill Finansial yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini 3 Skill Finansial yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seorang ibu haruslah mempunyai kemampuan banyak hal di rumah. Mulai dari melakukan pekerjaan rumah tangga, menjadi guru di rumah, mengatur keuangan dan lain sebagainya. Sehingga bisa dikatakan, pekerjaan paling berat di dunia adalah menjadi seorang ibu.

Meskipun tidak memiliki latar belakang akademik di bidang ekonomi, seorang ibu bisa melatih dirinya untuk ahli dibidang keuangan, seperti mengatur keuangan rumah tangga. Selain itu, ada tiga skill finansial yang bisa mendukung menjadi ibu yang baik di masa depan. Apa saja?.

Berikut penjelsannya:

Membangun Komunikasi dengan Suami
Tahukah Anda, salah satu masalah terbesar yang dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga adalah urusan keuangan. Banyak pasangan yang menghindari membicarakan soal uang karena menganggapnya sebagai hal yang sensitif.

Padahal, kurangnya keterbukaan dapat berdampak pada keluarga, mulai dari kekurangan uang, terjebak hutang, hingga pengeluaran yang terus meningkat. Untuk mencegahnya, tekankan pentingnya membicarakan keuangan dengan pasangan secara terbuka sejak dini dan memiliki kesamaan tujuan untuk mengatur pemasukan maupun pengeluaran.

Melakukan Persiapan
Sebagai seorang ibu, sudah pasti bertanggungjawab untuk bersiap-siap menghadapi hal-hal tidak terduga yang dapat terjadi di masa depan. Mulailah dari memiliki tabungan yang didapat dengan menyisihkan pemasukan yang masuk.

Cara ini juga dapat membentuk sikap disiplin dalam membelanjakan uang dan berhemat. Jangan menunggu sisa uang di akhir bulan untuk ditabungkan, lebih baik lakukan pembagian di awal untuk membentuk kebiasaan menabung.

Selain menabung, juga dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi sejak dini. Pilih bentuk investasi yang cukup aman, seperti rumah atau emas. Investasi jangka panjang ini tidak hanya dapat dijadikan pegangan saat kondisi keuangan terancam tapi juga dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan keluarga, terutama anak di masa depan.

Mengatur Keuangan
Seorang ibu dituntut memiliki kecerdasan dalam mengatur berapapun jumlah uang yang ada, sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Biasanya, begitu gaji sudah di tangan, Ladies mulai membagi-baginya ke dalam beberapa bagian, seperti membayar tagihan, menabung, uang sekolah anak, hingga kebutuhan sehari-hari.

Nah, salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran adalah dengan memanfaatkan diskon dan promo yang diberikan oleh pengelola pusat perbelanjaan. Manfaatkan momen ini untuk berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga yang lebih rendah ketimbang hari biasa. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.