oleh

Moms, Ini 4 Cara Atasi Si Kecil yang Susah Tidur di Malam Hari

PortalMadura.Com – Saat malam hari, tidak sedikit anak-anak yang sulit tidur. Hal ini tentu saja bisa mengganggu aktivitas di hari berikutnya. Maka dari itu, orang tua memiliki tanggung jawab untuk memastikan si kecil cukup tidur.

Untuk memastikan anak Anda cukup tidur, ada beberapa faktor yang perlu diingat. Sebagaimana seorang Co-founder dan Wakefit Devrath Vijay, pendiri studio pelatihan fungsional The Outfit, Ankit Garg, berbagi cara yang harus dilakukan orang tua agar anak-anak mereka memiliki tidur cukup, apa saja?.

Berikut ini empat cara mengatasi anak susah tidur di malam hari:

Mengarahkan Latihan Fisik
Saat siang hari, ada baiknya anak-anak diarahkan untuk melakukan aktivitas di luar rumah, seperti bermain sepak bola atau hanya bersepeda di sekitar lingkungan. Nah, kegiatan fisik ini membuat tubuh lebih mudah lelah sehingga mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Waktu Tidur
Sebanyak 25 persen orang dewasa menghabiskan waktu berharga mereka yang seharusnya untuk tidur, tetapi dipergunakan untuk menonton acara di TV dan bermain ponsel.

Untuk itu, ada baiknya jika semua perangkat dalam rumah tangga dimatikan, setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, utamanya bagi anak-anak. Ini termasuk smartphone, komputer laptop dan televisi.

Loading...

Matikan Lampu Kamar
Tidur terbaik adalah dalam kegelapan karena kurangnya cahaya memicu tubuh untuk dapat tidur nyenyak. Mematikan lampu sebelum tidur juga tanda bahwa sudah saatnya untuk tidur.

Paparan cahaya pada saat tidur melalui cahaya terang di luar jendela atau sorotan smartphone yang menyala di meja samping tempat tidur memicu kewaspadaan, yang membuat tidur tidak sehat.

Rancang kamar tidur remaja untuk mencegah paparan cahaya yang tidak diinginkan. Bagi anak-anak, bisa gunakan lampu merah untuk tidur, karena cahaya pada panjang gelombang itu kurang mengganggu daripada warna dan panjang gelombang lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Mudah dan Sederhana Bikin Balita Cepat Tidur

Kasur yang Nyaman
Anak yang paling kelelahan sekalipun akan sulit tidur jika ranjang tidak nyaman. Orang tua dan anak-anak harus memastikan bahwa tempat tidur mereka bersih dan kasurnya nyaman serta menyediakan dukungan punggung dan tubuh yang membantu istirahat anak-anak. (okezone.com/Salimah)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar