Moms, Ini 4 Cara Mudah Hadapi Anak yang Beranjak Remaja

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini 4 Cara Mudah Hadapi Anak yang Beranjak Remaja
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ternyata orangtua membutuhkan strategi dalam mendidiknya. Hal ini, karena mereka sedang dalam masa transisi pencarian jati diri.

Jika sistem mendidiknya terlalu keras, anak bisa-bisa mencari perhatian di luar rumah. Akan tetapi, bila Anda terbilang longgar, dampaknya pun tidak lebih baik. Anak sangat mungkin juga terjerumus dalam pergaulan bebas.

Maka dari itu, diperlukan sikap bijak sebagai orangtua dan harus bisa mengontrol emosi serta dapat menempatkan diri sebagai sahabat untuk mereka.

Berikut empat cara menghadapi anak yang beranjak remaja:

Hindari Perkataan Memaksa
Anda harus menghindari mengatakan hal-hal yang memaksa mereka. Semakin Anda melarang mereka, maka mereka akan penasaran dan mencoba untuk melanggar perintah Anda.

Untuk itu, cobalah untuk mengatakan kalimat-kalimat yang lembut dan lebih bisa masuk dalam pikiran mereka.

Jangan Bandingkan Anak dengan yang Lain
Jangan sekali-sekali membandingkan anak Anda dengan anak lain. Hal ini akan menyakiti hati mereka. Anak remaja tidak suka dibandingkan dengan teman mereka. Yang harus Anda lakukan adalah menghibur dan selalu memberikan semangat pada mereka agar bisa lebih berprestasi.

Hindari Mencurigai Mereka
Masa remaja adalah masa yang krusial. Berusahalah untuk selalu memberikan kebebasan yang bertanggung jawab kepada mereka. Semakin remaja dikekang mereka akan merasa semakin tersiksa dan ingin memberontak.

Jangan Membuat Anak Mengalami under pressure
Sebagai orangtua, jangan pernah memaksa atau membuat anak remaja berada dalam keadaan under pressure. Ini akan membuat mereka menjadi sosok yang memberontak dan semakin mempersulit Anda. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.