Moms, Ini 5 Cara Bantu Si Kecil Tumbuh Jadi Anak Cerdas

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 5 Cara Bantu Si Kecil Tumbuh Jadi Anak Cerdas
ilustrasi (Blibli.com)

PortalMadura.Com – Seorang ibu harus tahu bahwa otak bayi akan berkembang melalui berbagai pengalaman dan latihan. Maka dari itu sebagai orang tua, ibu perlu memberi anak berbagai macam pengalaman untuk membantu perkembangan otaknya jadi lebih optimal.

Selain itu, Anda bisa menstimulasi indera bayi dengan baik agar nantinya bisa tumbuh jadi anak cerdas. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa langsung dicoba untuk membantu bayi tumbuh jadi anak cerdas. Anda bisa memulainya dari kebiasaan-kebiasaan sederhana di rumah. Apa saja?.

Berikut ini lima cara membantu bayi tumbuh jadi anak cerdas:

Luangkan Banyak Waktu Berinteraksi dengan Si Kecil
Menurut para ilmuwan, interaksi rutin dengan bayi bisa bantu meningkatkan perkembangan otaknya dengan baik. Mengajaknya bermain, mendekapnya, memeluknya, dan mengobrol dengannya bisa bantu mengembangkan kemampuan berpikir si kecil. Anak pun bisa merasa lebih aman dan percaya diri.

Beri ASI hingga Anak Berusia Dua Tahun
Penelitian membuktikan bahwa bayi yang mendapat ASI memiliki nilai IQ yang 5% lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak mendapat ASI. Beri ASI eksklusif sampa usianya enam bulan dan sangat disarankan untuk tetap memberinya ASI hingga usianya dua tahun dengan diimbangi konsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Baca Juga: Bumil, Ini 5 Cara Efektif Lahirkan Bayi Cerdas

Perkenalkan dengan Musik
Mendengarkan musik bisa bantu meningkatkan perhatian bayi dan daya ingatnya. Mengenalkan bayi pada alat musik juga bisa bantu meningkatkan kemampuan berpikirnya. Belajar musik pun bisa menstimulasi kemampuan spasial dan temporalnya.

Perkenalkan dengan Buku
Meski bayi belum bisa mengenal huruf, Anda bisa membacakan cerita padanya sejak kecil. Bacakan atau dongengkan cerita dengan suara lantang sambil perlihatkan gambar-gambar menarik dari buku untuk membuat bayi familier dengan buku. Cara ini juga bisa membantu meningkatkan jumlah kosakata bayi dengan cukup signifikan.

Bermain dengan Mainan Edukatif
Manfaatkan waktu bermain dengan mainan edukatif. Seperti mencocokkan gambar, mengidentifikasi warna, dan sebagainya. Bisa juga ajak si kecil main di ruang terbuka dan memperkenalkannya dengan alam seperti tanaman dan tumbuhan yang ada di sana.

Hakikatnya, ada banyak cara yang bisa dicoba dan dilakukan untuk membuat bayi tumbuh jadi anak cerdas. Anda sebagai orang tua pun perlu selalu mendampingi dan membantunya agar tumbuh kembangnya bisa optimal.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.