Moms, Ini 5 Cara Efektif Bikin Anak Lebih Kreatif

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini 5 Cara Efektif Bikin Anak Lebih Kreatif
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kreatifitas anak tidak muncul begitu saja. Perlu pendidikan yang tepat baik di lingkungan formal atau non formal. Sayangnya, sistem pendidikan saat ini yang diterapkan di banyak negara seringkali dituduh ‘mematikan' kreativitas anak.

Bahkan, sistem ujian yang diaplikasikan mulai dari ujian kenaikan kelas hingga program pascasarjana dinilai tidak bisa menyelaraskan hubungan antara sekolah dengan kreativitas anak.

Nah, melihat fenomena ini, seorang Professor Adam Grant menyarankan, sistem pendidikan untuk anak lebih mengedepankan pendeketan umum yang dilakukan orang dewasa untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak.

Lalu, bagaimana dengan ide yang lebih spesifik, seperti permainan, berbagai jenis mainan dan teknik yang bisa mendorong mereka untuk memiliki opini dan bertanya serta mencari solusi yang inovatif?.

Coba orang tua lihat solusi yang ditawarkan Hackbright Academy, sebuah sekolah khusus perempuan. Saran-saran dari mereka memang ditujukan untuk anak-anak perempuan. Namun, secara umum dapat diterapkan untuk mendorong si kecil agar lebih berkembang lagi.

Berikut lima cara jitu yang dapat Anda terapkan pada si kecil agar lebih kreatif:

1. Daftarkan si kecil ikut komunitas atau berlangganan majalah yang mendukung minatnya. Dengan begini, si kecil akan mendapatkan pengetahuan awal soal inovasi dan ide-ide yang ingin dikembangkan.

2. Berikan contoh nyata. Supaya dapat menjawab semua pertanyaan si kecil, Anda dapat memberinya contoh dan bersama-sama mengajaknya untuk menemukan jawabannya.

3. Modifikasi cerita sebelum tidur. Selain menceritakan kisah-kisah dongeng yang sudah akrab di telinga mereka, Anda dapat menambahkan kisah-kisah sukses terkait inovasi ke dalam cerita tersebut.

4. Kembangkan pola pikir anak. Sampaikan mengenai konsep-konsep inovasi dan kreativitas pada anak.

5. Pilih mainan yang membuatnya berpikir. Berikan mereka mainan yang mampu merangsang imajinasi dan daya kreativitasnya.

Pasalnya, adalah dunia bermain. Maka dari itu, menggunakan mainan untuk menumbuhkan sikap positif untuk mereka merupakan cara yang tepat untuk mendidik anak di usia dini. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.