oleh

Moms, Ini 5 Cara Kenalkan Kolam Renang pada Si Kecil Supaya Tak Takut Air

PortalMadura.Com – Tidak semua anak menyukai kolam renang. Pasalnya, tempat ini menjadi hal yang menakutkan dan jumlah air yang banyak tentu berisiko menenggelamkan. Bahkan, sebagian orang tua justru melarang si kecil untuk dekat-dekat dengan air.

Melarang anak dekat kolam renang memang suatu keharusan, apalagi jika Anda belum pernah sama sekali mengenalkan air kolam pada anak. Namun, tidak selamanya orang tua membiarkan anak tidak mengenal kolam renang, karena hal ini tentu berpengaruh pada tingkat ketakutan anak pada air.

Nah, justru inilah jadi waktu yang tepat orang tua mengenalkan anak pada air kolam renang, sehingga buah hati Anda merasa aman dan tidak takut air. Berikut ini caranya:

Jangan Langsung Mencelupkan Anak ke dalam Air
Hal ini bisa menimbulkan anak sangat kaget karena belum terbiasa. Buat anak main-main dengan air di kolam paling dangkal untuk balita.

Pertama, mencelupkan kaki ke dalam air agar anak terbiasa, kemudian ke kolam yang sedikit lebih dalam, sebatas pinggulnya atau pahanya. Lalu, beralih ke kolam yang lebih dalam. Dengan pembiasaan ini, anak jadi familiar dan bisa menyesuaikan diri dengan baik terhadap air kolam.

Selalu Dampingi Anak ketika Dekat Kolam
Jangan pernah mengizinkan anak masuk ke kolam sendirian, selalu dampingi dan gandeng tangannya. Lantai kolam kemungkinan licin dan terkadang anak suka berlari-lari, dengan menggandeng tangannya, Anda bisa mengontrol pergerakannya.

Jangan Gunakan Water Wings
Ketika anak tidak bisa berenang, lebih baik kenakan safety jacket atau pelampung jaket saat masuk ke kolam. Jangan gunakan water wings atau sayap renang karena meskipun membuat anak bisa mengambang, tapi tidak bisa menahan bagian tubuhnya.

Bahkan, hidung dan mulut anak tetap bisa kemasukan air dan membuat mereka tidak bisa bernafas.

Ajarkan Membuka Mata di dalam Air
Menggunakan kaca mata renang memang bisa membantu anak melihat di dalam air, tapi jangan sering memakainya. Sebaiknya, ajarkan anak untuk bisa membuka mata dan familiar di dalam air tanpa kaca mata renang.

Jangan Biarkan Ketakutan Anda Menghalangi Anak Mengenal Air
Tidak perlu panik, orang dewasa sendiri bisa takut air, dan terkadang karena hal inilah anak juga jadi takut air. Jika memang orang tua takut air, minta pelatih renang untuk mendampingi. Jadi, selagi Anda mengajari anak mengenal air, Anda juga belajar melawan ketakutan Anda sendiri.

Perlu orang tua ketahui, bahwa takut air justru akan lebih parah efeknya jika terbawa hingga ia dewasa, karena bagaimanapun kemampuan berenang bisa jadi hal yang penting dalam hidup. Jadi, akan lebih baik jika mengenakan air pada anak sejak kecil. (vemale.com/Salimah)

Komentar