Moms, Ini 5 Foto Anak yang Tak Perlu Anda Unggah

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Ini 5 Foto Anak yang Tak Perlu Anda Unggah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Maraknya media sosial saat ini menjadikan sebagian besar orang tua bangga dan mengunggah bakat-bakat yang dimiliki sang anak. Salah satunya yaitu foto si kecil. Sehingga tidak sedikit anak-anak yang kemudian terkenal di media sosial.

Meskipun ada beberapa dampak positif dari mengunggah , namun orangtua atau pengguna media sosial mesti tahu etika saat hendak mengunggah foto anak ke media sosial. Nah, berikut beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan saat akan mengunggah foto anak ke media sosial. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Anak Orang Lain
Sebelum Anda mengunggah dan menandai foto seorang anak di media sosial, pastikan untuk meminta izin dari orang tua si anak yang ada dalam foto, karena mungkin saja keberatan. Jadi, mintalah izin pada orang tua si anak sebelum mengunggah foto, ini akan menunjukkan Anda memiliki rasa sopan santun.

Sembunyikan Identitas Sekolah Anak
Meskipun sekolah anak Anda dapat dipercaya dan menjamin keamanan anak selama berada di sekolah, Anda tetap saja tidak bisa selalu hadir untuk mengawasi si kecil setiap saat. Pasalnya, penculikan terkadang bisa terjadi di lingkungan sekolah. Maka, hindarilah berbagi foto anak di sekolah, atau saat anak mengenakan seragam sekolah, pastikan pula untuk menyembunyikan lokasi sekolah.

Waktu Mandi
Tidaklah diragukan lagi saat mandi anak memang nampak begitu lebih menggemaskan. Memercikkan air dengan sangat polos anak-anak terlihat seperti malaikat kecil. Namun, mengunggah foto anak saat mandi atau tanpa mengenakan pakaian bisa jadi mangsa dari orang pedofil secara online.

Jaga Privasi Anak
Belum dewasa bukan berarti anak tidak memiliki privasi yang Anda sepelekan. Pasalnya, jika nanti anak beranjak dewasa, foto-foto yang Anda bagikan di media sosial akan terus terekam tanpa bisa dihapus, Anda bisa saja tidak menyukai foto yang Anda unggah. Maka, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan seperti anak merasa cemas dan depresi di kemudian hari, pertimbangkan ulang sebelum mengunggah foto.

Hindari Pose Berbahaya
Beberapa orang tua terkadang menampilkan pose-pose yang sebenarnya aman tapi bisa saja dianggap warganet yang melihatnya berbahaya, seperti pose memangku si kecil yang sedang memegang kemudi mobil atau melempar anak ke udara dan menangkapnya. Bagi orang yang tidak tahu, mereka menyangkanya berbahaya dan buru-buru berkomentar, menilai, hingga bisa membuat Anda merasa seperti orang tua yang buruk. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.