Moms, Ini Alasan Pentingnya Melatih Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Ini Alasan Pentingnya Melatih Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik memang tidak sama dengan cara mendidik anak pada umumnya. Karena perilaku mereka tentunya berbeda baik secara mental, emosi ataupun fisik. Dibutuhkan kesabaran yang ekstra agar mampu mengarahkan anak yang berkebutuhan khusus secara tepat.

Salah satu hal penting yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini yaitu cara berkomunikasi dengan orang lain. Dengan memiliki kemampuan tersebut si kecil akan mudah berinteraksi dan mengenal banyak bahasa. Sehingga dia tidak akan merasa dikesampingkan oleh orang lain dan dimengerti lingkungannya.

Sebagaimana menurut Rosdiana Setyaningrum MPsi MHPEd, komunikasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan hal yang sangat penting. Sebab, komunikasi dikatakannya sebagai kebutuhan dasar yang harus dimiliki setiap anak sebelum melangkah ke hal yang lain.

“Misalnya saja anak mau sekolah pasti harus bisa komunikasi. Minimal anak jadi bisa mengekspresikan apa yang dia mau aja deh,” kata Diana.

Dengan komunikasi yang baik, maka lingkungan juga akan mengerti anak tersebut. Selain itu, komunikasi yang tidak baik pada ABK dapat menimbulkan masalah.

“Berdasarkan pengalaman saya itu bisa menimbulkan banyak masalah psikologi. Seperti, anak sering tantrum karena kemampuan bahasanya sedikit dan emosinya banyak,” sambung Diana.

Lebih lanjut Diana mengatakan, anak tersebut tidak dapat mengungkapkan apa yang ia mau karena keterbatasan bahasa. Sehingga sang anak pun menangis dan marah.

“Bayangkan hal sepert itu bisa buat anak frustasi, orang tua juga frustasi dan nambah masalah kan,” imbuh wanita lulusan Universitas Indonesia ini.

Nah, untuk itu Diana menyarankan orang tua untuk memberikan stimulasi seperti bermain bersama. Dengan begitu anak akan lebih paham dan mengenal banyak bahasa.

“Dia akan mengerti ‘oh nangis atau marah bukan cara yang baik untuk mengekspresikan perasaan'. Jadi anak lebih paham komunikasi dan memilih cara yang lain untuk mengekspresikan (apa yang dia rasakan),” pungkas Diana. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.