Kenali 4 Tanda Vagina Anda Tak Sehat

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 4 Tanda Vagina Anda Tak Sehat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua wanita perlu memahami cara merawat organ intim mereka. Hal ini, supaya kesehatan dan kebersihannya selalu terjaga, maka pastikan untuk selalu membersihkan dengan cara yang benar. Sebab, yang sehat bisa diibaratkan dengan seorang wanita yang sehat pula.

Tidak heran, saat ini sudah banyak beredar klinik atau salon yang menawarkan perawatan khusus vagina seperti waxing, ratus hingga spa vagina. Sayangnya, perawatan seperti ini biasanya menambahkan zat-zat kimia di dalamnya, sehingga bagi pemilik kulit sensitif dapat memicu ruam, gatal dan berbagai masalah lainnya pada vagina.

Menurut dokter spesialis kandungan, Sherry Ross, mengatakan, bahwa ada beberapa gejala pada vagina yang harus Anda waspadai.

Berikut empat tanda vagina Anda tidak sehat:

Ada Benjolan Kecil Dekat Lubang Vagina
Jika Anda menemukan kondisi ini pada vagina, maka ini tandanya Anda mengidap kista. Biasanya benjolan ini juga terasa menyakitkan ketika disentuh. Kabar baiknya, kista ini tidak berbahaya jika segera mendapat penanganan oleh dokter.

“Jika benjolan masih berukuran kecil, kompres dengan air hangat dan berikan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Namun, jika Anda kesulitan berjalan atau buang air kecil disertai demam dan menggigil, segera bawa ke dokter untuk dioperasi,” ujar Ross.

Jerawat di Bagian Vagina
Jika Anda menemukan jerawat-jerawat kecil di bagian vagina dan terasa berair, maka Anda mengidap syringoma. Ini mirip seperti kutil dan bisa mengenai bagian tubuh lain seperti dada, wajah, ketiak bahkan pusar.

Jika terasa mengganggu, Anda bisa mengonsultasikannya untuk diangkat menggunakan metode laser.

Ruam Berwarna Merah
Jika sering melakukan perawatan wax maka bisa jadi adanya ruam disebabkan zat kimia yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda. Ruam yang berwarna merah ini kadang disertai rasa gatal dan membuat Anda ingin menggaruknya.

“Jika Anda menggunakan pisau cukur, laser, atau lilin untuk memangkas rambut kemaluan Anda, pastikan kulit selalu tetap bersih sebelum dan setelah proses cukur rambut kemaluan,” kata Ross.

Tahi Lalat
Tahi lalat di kulit bisa saja menjadi tanda adanya kanker kulit. Tapi Ross mengatakan bahwa tahi lalat di bagian kulit vagina mungkin bukan pertanda kanker, karena kasus kanker vagina sangat jarang.

Namun jika Anda khawatir, tidak ada salahnya mengonsultasikannya pada dokter agar tidak menyesal di kemudian hari. (suara.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.