oleh

Moms, Ini Dia 3 Permainan Unik untuk Bantu Ajarkan Anak Berenang

PortalMadura.Com – Berenang menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak. Mengajarkannya mulai kecil bisa membuat anak mencintai semua hal yang berkaitan dengan air, misalnya pantai dan laut beserta makhluk hidup di dalamnya.

Namun mempelajarinya memang tidak mudah, ada sebagian anak yang memang dengan cepat bisa berenang, tidak sedikit juga yang susah mengajarkannya lantaran tidak kunjung tahu.

Jika hal itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir, ada permainan unik yang sederhana dan menyenangkan untuk membantu anak berenang. Permainan ini dapat mengajarkan anak-anak berenang dari 18 bulan. Trik yang bagus untuk memperkenalkan keterampilan berenang secara bertahap. Berikut caranya:

Bicaralah dengan Ikan-ikan
Berlatihlah berbicara atau berpura-pura bicara dengan ikan. Minta anak meniup gelembung di air. Kemudian minta meletakkan telinganya di dalam air untuk pura-pura mendengarkan gelembung.

Cara ini mengontrol napas, yang merupakan langkah pertama mengajarkan anak berenang secara mandiri. Menelan air secara tidak sengaja bisa menjadi hal menakutkan.

Pastikan saat berlatih berenang, Anda menenggelamkan wajah dan meniup gelembung untuk meningkatkan kenyaman di dalam air. Saat Anda menenggelamkan wajah dan meniup gelembung, wajah Anda tersenyum. Si kecil Anda akan lebih cenderung mencobanya.

Duduklah di samping anak, di pinggir kolam. Jika kolam itu cukup dangkal, minta si kecil untuk mencoba menangkap ikan dengan tangannya.

Minta ia melakukan pukulan lengan depan seperti merangkak dengan mengangkat tangan, lalu menangkap ikan. Ini akan membuatnya terbiasa dengan lengan untuk mulai berenang sendiri.

Trik di atas demi mengembangkan gerakan lengan yang cepat dan kuat. Pastikan anak melakukan aktivitas ini dengan menggunakan kekuatan jari-jarinya sehingga ikan tidak lepas di antara jari-jarinya.

Pegang tubuh atau kaki anak. Anak juga bisa menghadap dinding kolam dan memegang sisi kolam. Mainkan permainan Lampu Merah dan Lampu Hijau.

Ketika Anda mengatakan lampu hijau, minta ia menggerakkan kaki dengan menendang-nendang sekencang-kencangnya. Lampu merah berarti berhenti dan lampu kuning berarti menggerakakan kaki pelan-pelan.

Cara tersebut melatih menggerakkan kaki. Untuk tantangan tambahan, bantu dia menyeimbangkan papan untuk berenang dan membuatnya berlatih menggerakkan kaki. (liputan6.com/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.