Moms, Ini Efek Positif Biarkan Anak Pilih Baju Sendiri

Moms, Ini Efek Positif Biarkan Anak Pilih Baju Sendiri
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Perasaan kesal pada si kecil karena sikap nakalnya dalam memilih baju merupakan hal wajar yang sering terjadi. Seiring dengan tumbuh kembangnya, anak terkadang lebih suka memilih pakaiannya sendiri daripada pilihan orang tua.

Jika hal ini terjadi maka Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir dan merasa kesal pada anak. Karena itu merupakan pertanda positif, dia sudah belajar melakukan sesuatu dengan sendirinya. Misalnya, anak mulai belajar untuk mengemukakan pendapatnya dan sudah tahu apa yang harus dilakukan setelah dia mandi. Kemungkinan besar lama kelamaan dia akan belajar mandi sendiri.

Menurut Robin Goldstein, seorang pakar pengasuhan mengatakan bahwa anak menggunakan imajinasi seperti orang dewasa ketika ingin terlihat rapi. Bagi anak-anak, memilih pakaian yang mereka gunakan juga menunjukkan tampilan seperti apa yang mereka inginkan dan ingin dilihat orang lain.

Anak-anak cenderung melihat orangtua serta orang lain di sekitarnya dalam berpakaian. Mulai dari memakai kaus, kemeja, sepatu, hingga perlengkapan lain seperti parfum atau bahkan kosmetik. Mereka pun ingin selalu menirunya.

Jangan heran jika berdandan bersama anak ia ingin memakai apapun yang dikenakan orangtuanya. Jika memang sesuai dengan umurnya, tidak masalah mengikuti keinginan anak ketika berpakaian atau berdandan.

Membiarkan mereka memilih pakaian atau dandanan yang diinginkan sebenarnya mengajarkan anak membuat keputusan. Misalnya jika pakaian yang dipilihnya terlalu tipis, katakan padanya udara di luar sangat dingin dan dia bisa sakit jika memakai pakaian tersebut.

Jika anak tidak mau menurut, siapkan saja jaket di tas. Konsekuensi logis akan dialaminya, dia akan kedinginan dan membutuhkan jaket. Dengan begitu, anak pun jadi belajar dari pengalaman tersebut.

Jadi, sebenarnya tidak masalah jika si kecil memilih pakaiannya sendiri. Pastikan saja pakaian yang dikenakan sesuai dengan umurnya, nyaman dan bisa melindunginya dengan baik. Anda juga bisa mengajarkannya untuk melakukan padu padan pakaian agar tampilannya jadi lebih manis. (dream.co.id/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.