Moms, Ini Penyebab Si Kecil Suka Menggigit yang Perlu Anda Ketahui

Bayi Menangis
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Kebiasaan menggigit pada bayi dan balita sudah bukan hal yang asing lagi bagi orang tua. Si kecil terkadang tiba-tiba menggigit tangannya sendiri atau bahkan payudara ibunya saat sedang menyusu.

Sebagian orang merasa kesal dan sakit saat digigiti bayinya itu. Sikap bayi yang suka menggigit ternyata berhubungan dengan kondisi fisik dan emosinya. Mungkin sebagian orang tidak mengetahuinya atau bahkan tidak memperdulikannya. Tapi sebenarnya Anda perlu tahu agar mengerti apa yang dimaksudkan oleh anak Anda.

Ingin tahu apa pemicu utama balita suka sekali menggigit?. Berikut ulasannya:

Frustasi Pra-verbal
Pada anak-anak yang belum bisa berbicara, mereka seringkali ingin menyampaikan keinginan tapi tidak kunjung dimengerti orang-orang di sekitar. Akibatnya anak merasa kesal dan frustasi. Pelampiasannya adalah ia mengigit. Kadang saat mengigit anak juga menyampaikan pesan bahwa ia ingin diperhatikan.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Tumbuh Gigi
Bagi bayi yang baru akan tumbuh gigi, akan muncul rasa tidak nyaman di gusi. Tidak heran kalau saat menyusu mereka memainkan puting payudara ibu dengan gusinya atau mengigit. Hal ini untuk mengurangi rasa tidak nyamannya.

Praktik Mencari Perhatian
Balita seperti ilmuwan kecil yang selalu memperhatikan respons orang tuanya. Misalnya, ‘jika aku mengigit tangan ayah, maka ia akan menoleh dan menggendong serta bercanda’. Hal itu pun selalu dipraktikannya demi mendapat perhatian ayah. Jika respons yang didapat disukainya maka anak akan mencobanya pada orang lain.

Suasana Ramai
Menggigit juga sering dipicu karena kondisi lingkungan membuatnya lelah dan stres. Misalnya saat di rumah ramai sekali orang padahal biasanya hanya ada anak dan orang tuanya. Atau ketika anak diajak ke lingkungan baru yang tidak nyaman baginya. Anak bisa melampiaskan rasa tidak nyaman dan stresnya dengan mengigit.(dream.co.id/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.