Tips Mudik: Begini Cara Jaga Kebersihan Organ Vital Saat Pakai Toilet Umum

Avatar of PortalMadura.com
Tips Mudik: Begini Cara Jaga Kebersihan Organ Vital Saat Pakai Toilet Umum
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menempuh jalan darat saat mudik Lebaran tentu sebagian orang tidak bisa menghindari penggunaan . Namun sebelum menggunakannya, ada hal-hal yang harus diperhatikan demi menjaga kebersihan .

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Permata Depok, dr Galih Manggala, SpKK, mengatakan, sebelum menggunakan toilet umum sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dengan cairan seperti antiseptic, baru kemudian bisa digunakan untuk aktivitas buang air kecil ataupun untuk aktivitas buang air besar.

“Kalau misalnya di toilet sih ada cairan untuk membersihkan toilet yang dapat kita bawa-bawa, biasanya antiseptic. Jadi sebelum kita menggunakan toilet umum kita bersihkan dulu, kita keringkan, setelah itu baru kita gunakan,” tuturnya.

Bahkan, air yang dipakai sebaiknya air bersih yang mengalir dari keran. Namun, ketika Anda ke toilet umum yang notabene berada di area sulit air, air mineral kemasan bisa digunakan untuk membasuh organ vital.

“Khusus bagi wanita, agar vagina tidak terkontaminasi oleh sumber penyakit, diharuskan untuk membilas area kewanitaan dari depan (vagina) ke belakang (anus)” ujarnya.

Selain itu, imbuh dr Galih, gunakan baju dan celana yang tidak ketat untuk menghindari kelembapan kala naik transportasi darat berjam-jam. Sebab dengan kondisi tersebut dapat menyebabkan munculnya jamur.

Lantas, haruskah sering-sering mengganti pakaian dalam?. dr Galih mengatakan, bahwa pada prinsipnya sama saja, ketika menggunakan pakaian longgar cukup mengganti sehari sekali, sebaliknya jika menggunakan pakaian ketat, supaya tidak terlalu lembap di daerah lipatan paha sebaiknya lebih sering mengganti pakaian dalam.

“Pokoknya lihat sikonnya ajah, misalnya naik kendaraan motor pakai jeans sebenarnya lebih lembap, jadi harus lebih sering mengganti pakaian dalam,” imbuhnya. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.