Moms, Jangan Terlalu Panik Saat Si Kecil Jatuh Agar Ia Hargai Arti Berjuang

Avatar of PortalMadura.com
Moms, Jangan Terlalu Panik Saat Si Kecil Jatuh Agar Ia Hargai Arti Berjuang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ibu mana yang tidak ingin melindungi anak-anaknya?. Jangankan melihat si kecil sakit, saat terjatuh pun seorang ibu biasanya merasa khawatir atau bahkan sedih. Itulah sebabnya banyak orang bilang kasih ibu sepanjang jalan.

Orang tua yang seperti ini termasuk tipe yang selalu melindungi anak dari pengalaman tidak menyenangkan. Tapi, sampai kapan Anda harus melindungi anak dan membiarkan anak bermain-main dengan rasa sakitnya?. Awalnya Anda memang ingin melindunginya, tapi pada dasarnya hal ini justru berpengaruh negatif pada perkembangan psikis anak.

Menyikapi hal itu, berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda terlalu berlebihan melindungi anak:

Apa yang Perlu Ibu Batasi?
Ibu, boleh membiarkan anak untuk mengeksplor rasa sakit dan belajar dari kesalahannya, sampai batas yang tertentu. Misalnya, saat ia belajar naik sepeda dan terjatuh, biarkan. Tahan diri untuk tidak segera menolong si kecil. Biarkan ia berproses dengan rasa sakit yang ia alami. Pengalaman ini akan membantu ia untuk belajar untuk tidak jatuh lagi. Ia akan belajar mengendalikan diri.

Nah, ibu bisa berintervensi saat anak mulai melakukan hal yang berbahaya. Seperti bermain peralatan listrik atau membahayakan dirinya dengan bermain di tengah jalan raya.

Apa yang Perlu Ibu Lakukan?
Well, untuk membuat anak berkembang positif dan menghargai setiap proses hidup. Coba fasilitasi anak dengan membiarkan anak mengeksplor lingkungannya. Mengenal hal yang berbahaya baginya. Membiarkan dia menyelesaikan masalah yang ia hadapi. Lihat dari jauh, percaya dengan kemampuan anak.

Dengan demikian Anda akan mengetahui kemampuan anak dan ia akan menghargai arti berjuang dengan sebenarnya. Dengan demikian ia akan belajar untuk mengetahui konsekuensi dari perbuatan salah dan cerobohnya. Dampingi dan pahami, bahwa setiap anak memiliki cara sendiri untuk menghadapi masalah. Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.