oleh

Moms, Kenali Cara Mudah Latih Si Kecil Jadi Sosok Penolong Sejak Dini

PortalMadura.Com – Mayoritas orang tua tentu pernah merasa kecewa dicuekin buah hatinya saat minta tolong. Hal ini tentu bikin orang tua khawatir jika si kecil dibiarkan tidak peduli pada orang-orang di sekitarnya. Nah sebelum hal itu berlanjut, ajak anak menjadi pribadi yang suka menolong. Sikap suka menolong sangat berdampak positif untuk karakternya.

Dijelaskan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam ‘Journal of Child Development‘ bahwa anak-anak berusia tiga dan enam tahun yang diminta melakukan berbagai tugas, menunjukkan hasil yang positif.

Dalam penelitian tersebut, anak-anak yang diminta untuk ikut terlibat secara signifikan, lebih responsif terhadap sesuatu permintaan daripada mereka yang hanya diminta membantu saja.

Membiasakan anak ikut serta dalam kegiatan keluarga akan membuat mereka lebih termotivasi, karena merasa dilibatkan sejak awal. Menumbuhkan sifat suka menolong, bisa dimulai dengan membiasakannya sejak usia dini. Hal ini bisa melalui berbagai contoh di rumah, orang tua dapat melibatkan mereka untuk turut serta dalam kegiatan harian.

Loading...

Untuk membantu mengembangkan motivasi anak-anak sebagai sosok penolong, orang tua juga dapat melayangkan pujian untuk menginspirasi tindakan positif mereka, seperti dikatakan seorang pengajar yang berasosiasi di Character & Social Responsibility, Boston University, Deborah Farmer.

Selain itu, cara lain yang bisa orang tua terapkan dengan memberikan teladan sebagai contoh nyata. Dalam proses ini, orang tua dapat memberikan contoh tentang nilai menolong di depan anak-anak. Sehingga, mereka dapat mencontoh sikap baik tersebut.

Baca Juga: Pengecer Sabu Asal Pamekasan Diringkus Polisi Sumenep, Simpan Barang Bukti di Saku Celana

Orang tua juga dapat melibatkan anak-anak dengan mengajarinya terlibat dalam kegiatan domestik, seperti membantu mencuci piring dan membereskan tempat tidur.

Penting untuk orang tua ingat, anak-anak memang harus diajari bahwa mereka bagian dari keluarga dan memiliki tanggung jawab untuk melakukan tugas yang ada di keluarga. Artinya, melakukan pekerjaan rumah menjadi salah satu tanggung jawab yang diemban anak-anak.


Rewriter : Salimah
Sumber : haibunda.com

Komentar