Moms, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Atasi Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Atasi Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua orang tua akan khawatir jika si kecil digigit nyamuk. Karena selain berpotensi terkena penyakit demam berdarah dan malaria, juga bisa membuat tidak nyaman. Oleh karena itu, banyak hal yang dilakukan orang tua untuk melindungi si kecil dari nyamuk.

Seperti menutup tempat tidur bayi dengan jaring, mengoleskan lotion anti nyamuk dan lain sebagainya. Ternyata, gigitan nyamuk bisa menyebabkan infeksi lewat dua cara. Pertama, virus masuk lewat aliran darah bayi. Kedua, si kecil bisa saja menggaruk bekas gigitan nyamuk yang terasa gatal hingga mengakibatkan luka yang kemudian menjadi titik masuk infeksi.

Lantas bagaimana caranya agar si kecil terhindar dari gigitan nyamuk? Apabila sudah terlanjur digigit nyamuk, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan gigitan tersebut secara alami. Penasaran?

Ini dia caranya:

Es
Es berguna untuk mengontraksi pembuluh darah sehingga membantu mencegah penyebaran alergi akibat air liur nyamuk. Dengan cara ini, gigitan nyamuk tidak akan terasa gatal atau sakit. Cara termudah yaitu taruh es di handuk dan tempatnya di mana gigitan nyamuk berada.

Cuka Apel
Keasaman cuka apel dapat membantu mencegah rasa gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk. Anda bisa mengoleskan cuka apel encer ke area bekas gigitan atau menambahkan beberapa sendok cuka apel ke air mandi bayi.

Madu
Madu alami sangat baik untuk menyembuhkan rasa gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk. Oleskan madu ke area kulit yang digigit nyamuk dan si kecil akan merasa lebih enak. Selain itu, sifat mikrobisida dapat membantu mencegah infeksi lebih lanjut.

Lemon
Sama seperti cuka apel, kandungan asam pada lemon dapat membantu menetralisasi alergen akibat gigitan nyamuk. Gosok sepotong lemon ke atas bekas gigitan sehingga mengurangi rasa gatal dan sakit.

Garam
Ambil sejumput garam dan tambahkan beberapa tetes air hingga tercipta adonan. Kemudian gosok di bekas gigitan nyamuk. Cara ini ampuh untuk membuat bayi Anda merasa lebih baik dalam sekejap. Tapi, jangan lakukan cara ini apabila di dekat bekas gigitan terdapat luka karena garam dapat membuat rasa sakit yang teramat sangat. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.