Moms, Lakukan 5 Trik Ini Agar Anak Terbiasa Buang Sampah Pada Tempatnya

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Lakukan 5 Trik Ini Agar Anak Terbiasa Buang Sampah Pada Tempatnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai orang tua sudah menjadi kewajiban untuk mendidik agar melakukan hal-hal yang baik untuk dirinya sendiri dan juga lingkungan. Salah satunya yaitu mengajarkan kepada anak membuang pada tempatnya sejak dini.

Memberikan pengetahuan kepada anak apa bahayanya jika sampah dibuang sembarangan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua agar membiasakan anak membuang sampah pada tempatnya. Namun jika masih menjumpai anak yang sulit melakukan hal itu, jangan khawatir. Ada beberapa tips yang perlu dilakukan oleh orang tua. Apa saja?.

Berikut ulasannya:

Jadilah Contoh
Anak-anak mungkin bisa salah mengerti. Tapi mereka tidak pernah salah mengcopy. Anak-anak adalah peniru ulung. Oleh karena itu, selalu tunjukkan contoh untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu mereka akan mencontohnya. Mereka akan membuang sampah pada tempatnya.

Beri Tau Manfaatnya
Ceritakan pada anak, tentang manfaat membuang sampah pada tempatnya. Bila mereka tahu manfaatnya, mereka akan mau melakukannya.

Jelaskan Akibatnya
Ceritakan juga pada anak, apa saja akibat bila kita membuang sampah tidak pada tempatnya. Sebagai orang tua boleh membacakan buku atau memberikan video tentang akibat membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu, mereka akan merasa bersalah bila tidak membuang sampah pada tempatnya.

Latih Terus
Latih anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Berikan anak tempat sampah lucu. Agar mereka suka membuang sampah pada tempatnya.

Belajar Sampah
Ajari anak tentang jenis-jenis sampah. Bila anak sudah bisa membuang sampah pada tempatnya. Ajari mereka untuk membuang sampah sesuai jenisnya. Bahwa sampah terdiri dari sampah basah dan sampah kering.

Nah, mudah bukan. Yuk tetap semangat mengajari anak untuk membuang sampah pada tempatnya. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.