Moms, Lakukan 7 Tips Cerdas Ini Agar Anak Anda Lebih sehat dan Aktif

Cara Menjaga Anak Lebih Sehat dan Aktif
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Saat ini dengan teknologi yang sudah sangat canggih menjadikan anak-anak sudah terbiasa dengan penggunaan gadget daripada melakukan aktivitas di luar ruangan. Padahal melakukan interaksi dengan orang lain di luar ruangan bisa menyehatkan. Nah, disini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menjadikan anak itu selalu sehat dan aktif.

Kebiasaan anak yang bermain gadget pelan-pelan bisa orang tua arahkan ke hal yang lebih menyehatkan seperti berolahraga bersama keluarga, teman atau sahabat. Selain itu, lakukan beberapa hal penting bersama anak agar anak menjadi sehat dan aktif. Penasaran?.

Berikut penjelasannya:

Tetapkan Waktu untuk Menonton TV & Komputer
Tetapkan waktu berapa jam untuk si kecil diperbolehkan menonton TV dan bermain komputer. Tentukan pukul berapa anak Anda boleh menggunakan fasilitas tersebut. Banyak anak zaman sekarang yang menonton TV seharian. Hal ini bisa memudahkan mereka mendapatkan informasi negatif yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Dengan menetapkan berapa lama mereka bisa menonton dan bermain komputer, dapat menjaga keaktifan anak agar mereka mempunyai kegiatan di luar ruangan.

Jangan Berikan Mereka Hadiah dengan Makanan Manis
Jika Anda mempunyai kebiasaan memberikan hadiah kepada anak Anda berupa makanan manis seperti coklat, es krim atau junk food, usahakan untuk berhenti dengan kebiasaan ini. Sebab, junk food dan makanan manis lainnya merupakan faktor yang mempengaruhi anak menjadi tidak aktif karena kandungan gula dan lemak yang berlebihan. Merupakan hal penting bagi orangtua untuk tetap memperhatikan makanan anak agar mereka selalu makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan.

Luangkan Waktu untuk Bermain
Meluangkan waktu untuk bermain dengan sang buah hati merupakan langkah yang baik untuk menjaga keaktifan anak. Mereka akan merasa senang jika bermain dengan Anda. Ajari mereka permainan luar ruangan yang tidak kalah seru dengan permainan yang ada pada gadget.

Mengatur Sesi Bermain Anak
Cara terbaik untuk mengatur sesi bermain si kecil adalah dengan mengundang anak kerabat dan kolega untuk bermain dengan anak Anda. Tentunya mereka pun akan lebih banyak bermain dalam sesi ini karena banyak yang menjadi lawan mainnya. Kebanyakan anak-anak sangat menyukai aktivitas ini.

Ajak Anak Berkebun
Ajaklah sang buah hati untuk melakukan kegiatan berkebun. Anda bisa meminta si kecil untuk menyiram tanaman. Kebanyakan anak-anak menyukai berkebun. Kegiatan ini dapat membuat mereka tetap aktif.

Menemani Bermain di Luar Ruangan
Kebanyakan anak kecil menyukai permainan luar ruangan. Bermain bola, balon dari busa sabun, dan permainan petak umpet merupakan pilihan permainan yang mereka sukai.

Libatkan Anak dalam Tugas Rumah Tangga
Melibatkan anak Anda dalam tugas rumah tangga yang ringan seperti membereskan mainan, bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk mereka yang dapat membuat si kecil tetap aktif dan peduli akan kebersihan. (detik.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.