Moms, Lakukan 7 Tips Cerdas Ini Agar Anak Anda Mau Makan

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Lakukan 7 Tips Cerdas Ini Agar Anak Anda Mau Makan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – mempunyai beberapa fase dalam pertumbuhannya. Salah satunya fase tidak suka atau rewel saat makan. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus tahu beberapa hal yang bisa membuat anak tetap kenyang meski susah makan.

Makanan yang baik yaitu makanan yang mempunyai komposisi lengkap yang dibutuhkan tubuh, apalagi dalam masa pertumbuhan. Sehingga Anda harus melakukan beberapa hal sederhana agar si kecil tidak kehilangan nafsu makannya. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Hindari Berbohong Pada Anak
Jika anak tidak suka pada suatu makanan misalnya seledri, jangan mecoba untuk berbohong bahwa anak lain menyukainya, agar dia mau makan. Tidak apa jika anak hanya makan kacang polong dan wortel tanpa seledri. Cobalah untuk memasukkannya sesekali ke dalam makanan kesukaan anak. Selera makan anak berubah cukup cepat saat berumur 5 tahun.

Menyembunyikan Sayuran Dalam Makanan
Saat disuruh makan sayur, anak usia 6 tahun seringkali mengatakan bahwa ia alergi terhadap sayur tersebut. Agar anak tetap makan sayur, ubahlah penampakan sayur dan samarkan menjadi makanan yang disukai anak. Seperti menambhkan bayam dalam nugget buatan sendiri.

Jangan Memaksa
Kata “hanya satu suap lagi” seringkali digunakan oleh orang tua agar anak tersebut tetap mau makan. Jika mereka tidak menyukainya, sebaiknya jangan memaksa mereka untuk makan. Daripada memaksa, cobalah untuk membuat mereka mencoba setidaknya satu gigitan.

Jadilah Contoh yang Baik
Sebuah penelitian awal tahun ini menemukan bahwa dua pertiga orang dewasa di Inggris makan kurang dari tiga porsi buah dan sayuran setiap hari. Jika anak-anak Anda tidak melihat Anda makan makanan sehat, maka mereka cenderung tidak akan melakukannya.

Biarkan Anak Masuk ke Dapur
Membiarkan anak ke dapur mungkin akan membuat dapur berantakan atau bahkan dapat mencelakai mereka saat anak ingin ikut membantu. Tapi banyak penelitian yang menunjukkan bahwa, jika anak-anak terlibat dalam membantu menyiapkan makanan, mereka cenderung akan memakannya.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga dapat menanamkan keterampilan hidup yang bermanfaat bagi anak. Satu dari delapan orang dewasa Inggris tidak bisa membuat omelet tanpa menggunakan resep. Jangan biarkan anak menjadi salah satu dari mereka.

Jangan Menganggap Suatu Makanan itu Buruk

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.