Moms, Lakukan 9 Kegiatan Ini Agar Anak Tenang Saat Mudik Naik Kereta

Avatar of PortalMadura.Com
Moms, Lakukan 9 Kegiatan Ini Agar Anak Tenang Saat Mudik Naik Kereta
ilustrasi

PortalMadura.Com – Lebaran tinggal hitungan hari dan salah satu yang identik dengan lebaran yaitu mudik atau pulang kampung. Berbagai masalah seputar mudik biasa terjadi, mulai dari mudik menggunakan kendaraan pribadi atau umum, barang yang akan di bawa dan lain sebagainya.

Nah, apalagi mudik membawa kecil menggunakan transportasi umum seperti kereta. Rasa bosan kerap terjadi sehingga Anda sebagai orang tua harus kreatif menciptakan suasana yang disukai anak di adalam kereta. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

Satu Menit Kata-kata
Permainan ini cocok untuk anak-anak masa awal sekolah nih. Cara memainkan dan alatnya juga simpel kok, Bun. Siapkan kertas dan pulpen atau pensil, ada pemain dan ada time keeper atau si penghitung waktu. Nanti, si time keeper akan memilih salah satu huruf abjad. Kemudian selama 1 menit si pemain harus menuliskan kata sebanyak mungkin baik benda hidup, mati, hewan dan sebagainya dengan huruf abjad tersebut.

Pemain yang menuliskan kata paling banyak sebelum 1 menit itu yang menang. Mudah dan seru kan, Bun. Atau kalau ribet membawa kertas dan pulpen cukup sebutkan aja objeknya tapi jangan lupa dicatat jumlahnya ya.

Ingat Apa yang Dilihat
Ini semacam permainan memori, Bun, sekaligus mengasah keterampilan observasi anak terhadap satu sama lain.

Cara bermainnya, pilih arah atau bagian tempat di mana anak-anak harus menatap ke sana selama 30 detik, kemudian minta mereka berbalik ke arah kita atau arah semula dan menulis semua hal atau benda dan segala sesuatunya yang mereka lihat di 30 detik sebelumnya.

Semakin rinci semakin bagus jawaban dan pemain dengan list terbanyak apalagi terinci itu yang menang. Permainan ini juga bagus untuk melatih anak fokus sama apa yang mereka lihat dan ingat. Mungkin anak-anak akan makin semangat kalau Bunda menyelipkan hadiah di permainannya. He-he.

Bingo Hewan
Masih dengan permainan mengasah memori. Buat suatu kartu bingo yang berisi hewan-hewan yang mungkin bisa lihat dari jendela kereta atau sebelumnya di rumah. Anda bisa unduh kartu bingo yang berisi hewan-hewan print, Bun.

Kartu bingo Anda acak dan biarkan anak memilih. Siapapun yang bisa lima kali berturut-turut memilih hewan dalam satu baris yang sama itu yang menang.

Bosan dengan permainannya? Ronde kedua Anda bisa minta si kecil untuk menggambar kartu bingo mereka sendiri.

Tim Menggambar
Ini cara lain menggambar dengan seru. Cara mainnya, lipat selembar kertas menjadi 3 bagian sehingga hanya bagian atas yang terlihat.

Pemain pertama akan menggambar kepala dengan jenis apapun, baik itu manusia, hewan, tokoh kartun dan lainnya. Setelah gambar bagian kepala selesai, lipat kertas tersebut hingga bagian tengah yang terlihat dan tutup sebisa mungkin gambar kepala yang dibuat pemain pertama.

Begitu seterusnya hingga sampai ke bagian akhir atau kaki. Setelah selesai buka kertas tersebut secara utuh, maka voila! Ciptaan Anda yang aneh dan indah hasil karya Anda dan si kecil pun hadir.

Tur
Mungkin tidak di semua kondisi kita bisa melakukan ini, tapi kalau bisa ini akan sangat bagus karena dapat menambah pengetahuan si kecil.

Penuhi rasa ingin tahu si kecil tentang kereta api. Kita bisa meminta staf yang sedang luang untuk meminta sedikit waktunya melakukan tur di kereta api bersama Anda. Selain Anda dapat teman baru, anak pastinya sangat semangat untuk mengetahui hal baru.

Kalau kereta cukup panjang, anak mungkin bisa tidur dengan tenang karena kelelahan dengan ‘tur' kereta apinya.

Kata Berputar
Permainan ini bagus untuk perbendaharaan kosakata anak nih, Bun.

Cara mainnya, pertama tentukan tema misal makanan atau nama kota. Setelah tema sudah ditentukan, pemain pertama akan menyebutkan kata yang sesuai tema tersebut, maka pemain kedua harus menyebutkan kata yang dimulai dari huruf terakhir dari kata yang disebutkan pemain pertama.

Misal, pemain pertama menyebutkan kata ‘Apel', kemudian pemain kedua harus menyebutkan kata dengan tema yang sama dengan huruf akhiran ‘L' jadi ‘Leci'. Jika selama 5 detik pemain tidak bisa menyebutkan kata selanjutnya, dia kalah. Begitu berputar seterusnya.

Kalau mau lebih seru, yang tidak bisa menyebutkan kata selanjutnya bisa dikasih hukuman. Dengan dicemongkan bedak misalnya. He-he.

Membawa Benda ‘Pamungkas'
Ya namanya naik kereta, apalagi perjalanan jauh, Anda yang orang dewasa aja bisa bosan duduk berjam-jam di situ, apalagi anak-anak. Kalau anak udah bosan, bisa muncul tuh tantrumnya dan bisa bikin mood orang tua drop juga.

Karena itu, Anda perlu banget persiapan untuk bawa beberapa benda pamungkas seperti DVD portabel atau gadget, kartu UNO, atau puzzle.

Anda memang tidak mau mengasup gadget di kegiatan anak, tapi sesekali sepertinya tidak masalah selama Anda awasi dan anak nonton bareng Anda.

Kartu UNO juga lumayan seru baik buat Anda yang dewasa maupun buat anak-anak. Dan puzzle bisa cara terbaik untuk membuat anak anteng dan konsentrasi dengan mengutak-atik puzzle-nya.

Safari Warna
Pilih tema warna tertentu yang diinginkan, kemudian ajak anak lihat ke jendela luar untuk melihat warna-warna tersebut.

Tentukan target atau berapa benda yang ingin ditulis atau disebutkan dari tema warna yang ditentukan. Tapi, ada baiknya dengan dituliskan aja, Bun, jawaban atau bendanya. Ini untuk menghindari mengganggu penumpang lain jika anak berteriak menyebutkan benda dari warna tersebut.

Bonus Perilaku Baik
Anda bisa lakukan ini dengan aturan yang berlaku di tiap keluarga ya, Bun. Karena tiap keluarga punya aturan yang berbeda-beda.

Ini bisa menjadi hal baik kalau Anda mengaturnya dengan baik. Jadi, ketika sudah di dalam kereta dan hendak berangkat anak Anda berikan Rp 5 ribu dengan nominal seribu. Anda beritahu anak, uang tersebut akan Anda ambil per-seribu jika anak nakal atau tidak berperilaku baik selama di perjalanan.

Tambahannya, bisa Anda hadiahkan si kecil kalau mereka berperilaku baik selama mudik di perjalanan hingga sampai di tempat tujuan. Tanpa harus mengambil uang mereka yang Anda beri di awal perjalanan.

Ini semua tergantung Bunda ya. Mau hadiah, uang atau apapun itu bisa Bunda berikan selama bisa membantu anak belajar bertanggung jawab. Tidak mesti dengan uang atau benda kok. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.