Moms Perlu Tahu, Ini 5 Fase Perubahan Anak Cowok di Masa Puber

  • Bagikan
Ibu dan Anak laki laki
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap anak laki-laki pasti mengalami yang namanya masa pubertas, sebelum itu biasanya ada sebuah proses yang namanya khitan. Pada masa ini, ada sebagian anak yang meminta sendiri untuk dikhitan lantaran ingin pamer pada teman-temannya. Tidak jarang juga ada yang justru takut mengalami masa khitan.

Bagi orang tua, mungkin akan sangat memilukan ketika melihat anaknya sedang dikhitan. Ditengah rasa sakit itu tentunya Anda juga merasakan kebahagiaan karena anak yang Anda besarkan sudah beranjak remaja.

Nah, jika Anda termasuk dari bagian ibu yang memiliki anak laki-laki dan mulai memasuki usia di mana dia bakal menuntut untuk dikhitan, tentu Anda juga perlu tahu seperti apa sih perubahan yang bakal terjadi pada mereka setelahnya.

Meskipun masa puber bisa saja terjadi sebelum proses khitan, pada umumnya hal-hal berikut ini dialami oleh anak laki-laki yang memasuki usia 10 tahun:

Perubahan Suara
Di masa-masa puber, suara anak laki-laki yang tadinya nyaring bakal pelan-pelan berubah jadi lebih berat. Seiring pertumbuhannya, larynx dan pita suara anak laki-laki juga ikut tumbuh. Di akhir masa puber, biasanya suara mereka bakal lebih macho.

Mimpi Basah
Meski tidak mengalami mimpi di malam hari saat tidur, namun cairan semen dan sperma tetap akan keluar di malam atau pagi hari. Jika baru pertama kali mengalaminya, si bocah bakal bingung karena bangun dalam keadaan celana dalam basah dan lengket.

Ereksi
Secara spontan, tanpa ada rangsangan, dan sangat tidak terduga, anak laki-laki Anda bakal mengalami ereksi di fase puber ini. Jelaskan saja pada mereka bahwa hal ini memang normal, menandakan organ seksual mereka sudah matang. Seiring waktu, hal ini bakal berkurang perlahan kok.

Tumbuh Jerawat
Di masa puber, tidak hanya anak perempuan, tapi anak laki-laki pun bakal mengalami perubahan kondisi kulit. Wajah mereka bakal lebih berminyak, dan tumbuh jerawat jika produksi minyak tersebut berlebih. Minta padanya untuk tetap menjaga kebersihan kulitnya, agar jerawat tidak berlebih.

Tubuh Makin Besar
Bukan makin besar seperti yang terjadi pada bayi saat beranjak menjadi balita dan anak-anak, di masa puber ini anak badan laki-laki bakal makin terbentuk setelah melewati dua tahun masa puber. Kaki dan tangan mereka akan tumbuh lebih cepat dari bagian tubuh lainnya.

Moms, Anda tidak perlu panik jika anak laki-lakinya mulai mengalami perubahan-perubahan ini. Tetap pantau tumbuh kembangnya, hingga dia sudah benar-benar bisa mengurus dirinya sendiri. Masa puber ini adalah masa di mana orang tua harus ekstra hati-hati dan siap-siap menerima pertanyaan beruntun dari sang anak.
(vemale.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.