Moms, Tingkatkan Pola Pikir Anak dengan Belajar Sejarah

Avatar of PortalMadura.com
anak belajar sejarah
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mempelajari sejarah memang harus dimulai sejak dini. Namun kebanyakan sejarah yang disajikan terkesan membosankan, sehingga anak-anak kurang tertarik untuk mempelajarinya.

Padahal, mempelajari sejarah sangat banyak manfaatnya. Selain anak bisa tahu apa yang terjadi di masa lampau, anak juga bisa memahami makna dari kejadian terdahulu. Hal ini bisa menjadi landasan sikap dan pola pikir anak di kemudian hari.

Direktur sejarah Indonesia Dra. Triana Wulandari M.si mengungkapkan bahwa perasaan ‘senang’ ketika belajar penting sekali ditumbuhkan.

“Pertama, buat terlebih dahulu anak menjadi senang akan sejarah. Sejarah terkadang dianggap rumit, tetapi sebenarnya menarik seperti misalnya membaca novel dan buku dongeng,” ucapnya.

Lebih lanjut, Triana mengungkapkan bahwa membuat anak menyukai belajar sejarah saat ini sangat mudah. Karena, sudah banyak sekali alternatif selain buku sejarah yang dapat dijadikan patokan dalam memberi materi pembelajaran.

“Belajar sejarah sekarang ini sudah dapat melalui menonton film, jadi lebih menarik dibandingkan dengan text membaca. Lalu, juga dapat melalui komik, saat ini juga sudah banyak buku-buku sejarah yang di ilustrasikan melalui buku komik yang bergambar. Sehingga, anak-anak akan lebih gemar, sehingga semangat untuk mempelajari sejarah,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan pentingnya para guru untuk mulai menerapkan metode-metode seperti itu, agar anak-anak tidak segan atau tidak bosan, namun memiliki ketertarikan lebih akan belajar tentang sejarah.

“Dengan menonton film dan membaca buku bergambar akan meningkatkan kreativitas pada anak, anak akan terinspirasi untuk mencoba membuat tokoh komik, dan mencoba hal-hal lainnya yang lebih kreatif,” ucapnya. (viva.co.id/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.