oleh

Moms, Yuk Ketahui Fakta Menarik Perkembangan Balita Berbicara

PortalMadura.Com – Tumbuh kembang setiap anak pasti berbeda-beda. terutama pada perkembangan kemampuan berbicara si kecil. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti, faktor fisik, keturunan, kebiasaan dan pola asuh sehari-hari yang akan sangat mempengaruhi bagaimana si kecil belajar berbicara.

Perlu anda ketahui, bayi mulai belajar berbicara sekitar usia 9 bulan. Mereka mulai merangkai suara dan melatih intonasi saat mengatakan ” ma-ma,” ” ba-ba,” dan ” da-da” bersama. Pada 12 sampai 15 bulan, variasi bunyi ujaran meningkat dan anak-anak mulai meniru bebunyian yang dikeluarkan dari mulut orangtuanya.

Antara 18 dan 24 bulan, anak dapat menggabungkan kata dan isyarat untuk meminta sesuatu lalu mulai meniru dua kata. Pada usia 2 tahun, seorang anak harus memiliki kosakata 50 kata dan harus menggunakan kata-kata ini untuk membentuk kalimat dua kata.

Peningkatan terbesar dalam kosakata terjadi antara usia 2 dan 3. Anak dapat memahami konsep deskriptif, terutama kata-kata seperti ‘besar’ atau ‘kecil’ dan menggunakan kalimat yang lebih kompleks.

Struktur kalimat balita akan berkembang sesuai dengan usia. Anak usia 2 tahun harus mulai menggabungkan dua kata dalam satu kalimat; 3 tahun, tiga kata; dan seterusnya. Pada fase itu, diharap orangtua harus dapat memahami sekitar setengah dari ucapan anak mereka ketika anak berusia 2 tahun dan sekitar tiga perempat selama 3 tahun.

Bila selama periode tersebut kemampuan berbicara si kecil dirasa tak berkembang dengan baik, segera berkonsultasilah dengan dokter anak. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, dokter bisa saja merujuk ke dokter anak subspesialis tumbuh kembang.

Itulah fakta menarik, namun perlu diperhatikan Moms untuk kebaikan tumbuh kembang si kecil. Semoga bermanfaat. (dream.co.id/Nanik)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.