Moratorium Berlanjut, Lima Tahun ke Depan Sumenep Akan Kekurangan Tiga Ribu PNS

Avatar of PortalMadura.com
Moratorium Berlanjut, Lima Tahun ke Depan Sumenep Akan Kekurangan Tiga Ribu PNS
dok. Kepala BKPSDM Sumenep, Titik Suryati (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Kebijakan Moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh pemerintah belum dipastikan hingga kapan. Hal itu berdampak pada kekurangan abdi negara disejumlah wilayah, termasuk di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kalau lima tahun ke depan belum ada di Kabupaten paling ujung timur Pulau Madura ini, dipastikan pemerintah akan kekurangan tiga ribu PNS. Pasalnya sejak tahun lalu, sekitar 300 PNS pensiun setiap tahunnya.

“Sumenep merupakan salah satu daerah yang masuk moratorium penerimaan CPNS,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Titik Suryati, Sabtu (30/9/2017).

Menurut Titik, kebutuhan PNS yang paling banyak berada di lingkungan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Sementara yang lainnya juga ada cuma tidak sebanyak didua OPD tersebut.

“Yang paling banyak memang untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan,” tuturnya.

Hingga saat ini, total PNS yang ada di lingkungan Pemkab Sumenep sebanyak 9.727 orang. Jumlah PNS terus berkurang setiap tahun lantaran banyak PNS yang masuk usia pensiun.

“Meski jumlah PNS terus berkurang, tapi pelayanan di sejumlah OPD tidak melemah. Karena masih bisa memaksimalkan para PNS yang ada,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.