oleh

Muncul Jerawat di Kulit Kepala? Ini Penyebab dan 9 Cara Atasinya

PortalMadura.Com – Persoalan jerawat rasanya tidak pernah ada habisnya. Selain muncul di wajah, pembengkakan akibat menumpuknya sebum juga bisa memunculkan jerawat di punggung, dada, bahkan di kulit kepala.

Kondisi munculnya jerawat di area kulit kepala disebut juga dengan scalp folliculitis. Jerawat di bagian ini memang tidak nampak, bisa dikatakan mungkin tidak terlalu mengurangi rasa percaya diri.

Menurut artikel yang dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari Healthline, jerawat seperti ini paling sering ditemui di sepanjang garis rambut. Kadang berupa jerawat kecil yang terasa gatal, kadang juga bisa meradang dan terasa nyeri.

Ada beberapa jenis jerawat di kulit kepala atau scalp folliculitis antara lain:

1. Jerawat ringan, termasuk blackhead dan whiteheads
2. Jerawat sedang, termasuk papula dan pustula yang muncul di permukaan kulit
3. Jerawat parah, termasuk nodul dan kista yang tertanam di bawah kulit

Penyebab Jerawat di Kulit Kepala

Selain mengetahui jenis-jenis jerawat di kulit kepala, Anda juga perlu tahu penyebabnya sehingga tahu penanganannya. Perlu Anda tahu, jerawat di kulit kepala muncul jika folikel rambut atau pori-pori tersumbat.

Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh sel kulit mati, kotoran yang disebabkan residu produk rambut, minyak alami yang diproduksi kulit kepala (sebum), dan bakteri. Jerawat yang disebabkan bakteri biasanya cenderung meradang.

Selain bakteri, jerawat di kulit kepala juga bisa disebabkan mikroorganisme lain. Misalnya saja jamur. Berikut ini jenis-jenies mikroorganisme yang bisa menyebabkan jerawat:

Propionibacterium acnes (P. acnes)
Staphylococcus epidermidis
– Jamur
– Kutu

Baca Juga : Begini 5 Tips Menghilangkan Jerawat di Sekitar Kulit Rambut

Selain itu, penyebab lainnya bisa jadi karena jarang mencuci rambut dan kebiasaan memakai ikat rambut atau topi juga bisa menyebabkan jerawat di kulit kepala.

Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Walaupun hal ini tidak nampak secara kasat mata, tapi bagi yang mengalaminya tentu merasa tidak nyaman. Tapi tidak perlu khawatir, jika Anda mengalami jerawat di kulit kepala, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

1. Salicylic Acid (Asam Salisilat)

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan salicylic acid. Produk perawatan rambut dengan kandungan asam salisilat bisa dicoba untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Zat aktif ini memang dipercaya sebagai obat jerawat yang cukup efektif, meskipun efeknya lebih ringan daripada benzoil peroksida.

2. Glycolic Acid (Asam Glikolat)

Selanjutnya yaitu menggunakan produk dengan asam glikolat. Pasalnya, hal ini akan membantu mengelupas sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Ketoconazole atau Ciclopirox

Kedua zat aktif ini biasanya digunakan untuk mengatasi ketombe atau keputihan yang dipicu oleh jamur. Bisa juga digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit kepala yang disebabkan oleh jamur.

4. Minyak Jojoba

Pernah mendengar atau menggunakan minyak jojoba?. Minyak ini memang tidak bisa membunuh bakteri atau jamur penyebab jerawat, namun minyak alami ini bisa membantu meredakan inflamasi. Sehingga jerawat lebih cepat kempis dan kering.

5. Air Lemon

StyleCraze menyarankan air perasan lemon untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Caranya mudah, Anda hanya perlu memeras buah lemon, lalu campurkan cairannya dengan satu sendok makan air. Kemudian, siramkan ke bagian kulit kepala yang berjerawat, lalu diamkan selama 15 menit.

6. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya dijadikan bumbu dapur saja melainkan juga bisa digunakan perawatan khusus wajah. Kandungan dalam bawang putih akan mengurangi rasa sakit sekaligus membunuh kuman yang menyebabkan jerawat.

Cara pengaplikasiannya yaitu parut bawang putih segar, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala. Setelah didiamkan beberapa saat, cuci rambut dengan sampo.

7. Tea Tree Oil dan Minyak Zaitun

Campurkan tea tree oil atau minyak pohon teh dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama. Gunakan untuk memijat kulit kepala yang berjerawat. Diamkan selama dua jam. Kemudian bilas dengan air.

8. Pala dan Susu

Tumbuk 1 buah biji pala hingga halus, kemudian campurkan dengan 4 sendok makan susu. Setelah itu, aplikasikan tepat di bagian kulit kepala yang berjerawat. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas kulit kepala hingga bersih.

9. Madu dan Kayu Manis

Cara terakhir menggunakan madu dan kayu manis. Caranya, campurkan dua sendok makan madu organik dengan dua sendok makan kayu manis. Aplikasikan pada kulit kepala yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas kulit kepala dengan air bersih.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Merdeka.com

Komentar