Museum Minim Koleksi, Pemkab Berdalih Terkendala Anggaran

  • Bagikan
Museum
Museum

PortalMadura.Com, Pamekasan – Koleksi barang antik dan bersejarah di museum Pamekasan, Madura, Jawa Timur sangat minim. Namun, Pemkab setempat beralasan hal itu terjadi lantaran tidak adanya anggaran.

Kasi Pelestarian Budaya dan Kepurbakalaan Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Disporabud) Pamekasan, Rusyadi berdalih, selama tahun 2009 sampai tahun 2015 tidak pernah ada anggaran untuk koleksi museum. Hanya saja, untuk renovasi cagar budaya berupa makam raja Ronggusukowati.

“Kami memang mengusulkan untuk tahun 2016 ada anggaran, entah itu berapa nilainya. Hanya, yang kami sepakati dengan pak Kadis (Disporabud, red) kemarin sebesar Rp 75 juta untuk pengadaan dan perawatan,” ungkapnya, Sabtu (7/11/2015).

Rusyadi mengaku, koleksi museum sampai sekarang belum memenuhi kebutuhan masyarakat. Padahal, dari segi geografis Pamekasan termasuk wilayah yang strategis untuk para wisatawan karena diapit dua kabupaten di Madura.

“Barang-barang yang dikoleksi sekarang adalah anggaran saat pengadaan pertama tahun 2009. Ada sebagian juga yang berbentuk hibah,” pungkasnya. (Marzukiy/har)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.