Musim Kemarau, Hasil Panen Padi di Arosbaya Bangkalan Meningkat

Avatar of PortalMadura.Com
Musim Kemarau, Hasil Panen Padi di Arosbaya Bangkalan Meningkat
Panen Padi

PortalMadura.Com, yang melanda sebagian besar wilayah Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Bangkalan, Madura tidak selalu berdampak buruk bagi petani.

Para petani di Desa Lajing Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, pada musim tanam kedua, justru meraup berkah hingga 35 persen saat musim panen raya padi jenis Ciherang.

Salah seorang anggota kelompok tani, Misdi menjelaskan, total luasan yang ada sekitar 5 hektar. Dari total luasan itu yang ditanami padi untuk program optimasi menuju swasembada pangan sekitar 0,5 hektar.

“Pada musim tanam padi sebelumnya, hasil panen maksimal yang dihasilkan berkisar 3 hingga 4 ton per hektar. Namun kali ini dengan penerapan tanam jajar legowo, hasil bisa meningkat dan mencapai 6 ton per hektar,” terangnya, Kamis (10/9/2015).

Menurutnya, ada kenaikan 35 persen dari hasil panen sebelumnya. Namun, ia juga mengakui jika di wilayahnya merupakan salah satu daerah yang rawan kekeringan.

Tetapi, kendala itu bisa diatasi dengan optimalisasi pengairan yang diambil dari pompa dan sumur sawah yang dioperasionalkan dengan bantuan diesel dari Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan.

“Kita sempat ada kendala faktor air karena debit air yang minim tapi kami siasati dengan ambil air di pompa dan sumur sawah dengan bantuan diesel, Alhamdulillah berhasil,” tuturnya.

Di sela kegiatan, Komandan Koramil (Danramil) 13/Arosbaya Kodim 0829/Bangkalan Kapten Infanteri Budiono, mengatakan bahwa untuk antisipasi kebutuhan air pada musim tanam kedua, pihaknya optimasi di wilayah Arosbaya ini merupakan upaya khusus untuk percontohan peningkatan swasembada pangan.

“Salah satunya, mencari sumber-sumber air yang masih tersedia untuk dialirkan ke sawah. Dengan harapan memberikan kontribusi bagi swasembada Jatim dan nasional,” tandasnya.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.