Muslim, Inilah Sedekah Selain Uang Menurut Hadis

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim, Inilah Sedekah Selain Uang Menurut Hadis
ilustrasi (trendkita.com)

PortalMadura.Com merupakan salah satu amal perbuatan yang sangat besar ganjaran pahalanya. Orang yang suka bersedekah akan mendapatkan banyak sekali faedah dan juga keuntungan.

Namun, mayoritas masyarakat saat ini masih beranggapan jika aktifitas sedekah hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya yang telah berkecukupan saja. Hal ini, dikarenakan mereka masih berpikir jika sedekah hanya bisa dilakukan dengan menggunakan uang atau pun harta kekayaan belaka.

Padahal, ada banyak hal selain uang yang dapat kita berikan atau pun lakukan yang juga dihitung sebagai amal sedekah.

Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah bersabda: “Setiap ruas tulang manusia wajib bersedekah setiap hari, di mana matahari terbit. Berlaku adil antara dua orang adalah sedekah, membantu seseorang (yang kesulitan menaikkan barang) pada hewan tunggangannya, lalu ia membantu menaikkannya ke atas punggung hewan tunggangannya atau mengangkatkan barang-barangnya adalah sedekah”.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Perkataan yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dikerahkan menuju salat adalah sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah”.

“Janganlah kalian meremehkan perkara-perkara kecil, karena segala sesuatu bisa bernilai sedekah”.

“Hendaklah masing-masing tiap-tiap pagi bersedekah untuk persediaan badannya. Maka tiap kali bacaan tasbih itu sedekah, setiap tahmid, setiap takbir juga sedekah, menyuruh kebaikan dan melarang kejahatan itu sedekah dan sebagai ganti itu semua, cukuplah mengerjakan salat Dhuha dua rakaat” (HR Muslim, Ahmad, dan Abu Daud).

Hadis-hadis di atas mengabari kita bahwa peluang untuk bersedekah setiap harinya selalu terbuka luas. Sedekah juga tidak selalu harus dalam bentuk uang atau harta benda lainnya. Banyak hal yang dapat bernilai sedekah, di antaranya dengan menolong, membahagiakan orang, bahkan mendamaikan yang sedang bertikai. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.