Muslim Wajib Baca! Ini 8 Amalan Yang Mendatangkan Syafaat di Hari Kiamat

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim Wajib Baca! Ini 8 Amalan Yang Mendatangkan Syafaat di Hari Kiamat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi umat Islam, menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan ketika berada di . Karena syafaat yang diperoleh seorang muslim akan menjadi saksi kebaikan baginya.

Sayangnya, banyak orang yang beranggapan bahwa untuk mendapatkan syafaat dari Rasulullah adalah denga berziarah ke makam beliau. Padahal yang demikian ini tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah sendiri. Beliau justru memberi tahu mengenai amalan yang dapat syafaat di hari kiamat.

Lantas, amalan apa saja yang bisa mendatangkan syafaat?. Berikut delapan amalan yang dapat mendatangkan syafaat di hari kiamat:

Memurnikan Tauhid dan Mengikuti Rasulullah
Tidak dapat dipungkiri bahwa tauhid menjadi salah satu hal terpenting yang harus dimilliki seorang muslim.

Rasulullah pernah ditanya: “Siapakah orang yang paling bahagia dengan syafaatmu pada hari Kiamat?” Rasulullah menjawab : Yang paling bahagia dengan syafaatku pada hari Kiamat adalah orang yang mengucapkan Laa ilaahaa illallaah dengan ikhlas dari hatinya atau dirinya,” (HR Bukhari, no. 99).

Namun hal yang harus diingat adalah semua perbuatan tersebut harus diiringi dengan keikhlasan hati dalam melaksanakan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT. Orang yang ikhlas dalam melaksanakan perintah Allah dalam hal beribadah ataupun amalan kebaikan lainnya maka ia berhak menjadi salah satu orang yang mendapatkan syafaat dari Rasulullah.

Salatnya Sekelompok Orang Muslim Terhadap Mayit Muslim
Menyalatkan sesama orang muslim akan memperoleh syafaat dari Rasulullah di hari akhir kelak. Hal tersebut sesuai dengan sebuah hadis, Rasulullah bersabda: “Tidaklah seorang mayit disalatkan oleh sekelompok orang Islam yang jumlah mereka mencapai seratus, semuanya memintakan syafaat untuknya, melainkan syafaat itu akan diberikan pada dirinya,” (HR Muslim, no. 947, 58).

“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia, lalu jenazahnya disalatkan oleh empat puluh orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, melainkan Allah akan memberikan syafaat kepadanya,” (HR Muslim, no.948, 59).

Oleh karena itu, apabila ada saudara muslim yang meninggal dunia, maka salatkanlah bersama 100 atau 40 kaum muslim lainnya. Sebab perbuatan yang demikian ini akan mendatangkan syafaat dari Allah SWT, tentunya melalui hamba pilihannya yakni Rasulullah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.