Muslim Wajib Tahu, Ini 5 Amalan Kesukaan Rasulullah di Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
Muslim Wajib Tahu, Ini 5 Amalan Kesukaan Rasulullah di Bulan Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan dari Allah SWT. Oleh karena itu, pada saat bulan Ramadan sangat dianjurkan untuk memperbanyak -amalan baik untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

selalu menganjurkan umatnya untuk senantiasa melakukan amal-amalan baik terutama saat bulan Ramadan. Ibn Abbas mengatakan bahwa Rasulullah adalah orang yang paling dermawan dan beliau lebih dermawan lagi pada bulan Ramadan ketika Jibril menemuinya lalu membacakan kepadanya Alquran.

berikut lima amalan kesukaan Rasulullah di bulan Ramadan:

Zakat Fitrah
Zakat fitrah hukumnya wajib bagi orang yang mampu. Biasanya, zakat fitrah dikeluarkan paling lambat sebelum salat sunah hari raya. Nilai zakat fitrah adalah satu gantang makanan ruji atau setara dengan 2,7 kilogram beras.

Mengerjakan Umrah
Mengerjakan umrah di bulan Ramadan hukumnya sunah. Rasulullah bersabda: “Umrah pada Ramadan (pahalanya) sama dengan (pahala) mengerjakan haji atau mengerjakan haji bersamaku,” (Hadis riwayat Bukhari).

Salat Tarawih
Salat tarawih merupakan salat khusus yang hanya dilakukan pada bulan Ramadan. Walaupun dapat dikerjakan sendirian, salat tarawih umumnya dilakukan secara berjamaah di masjid. Rasulullah selalu senantiasa mengerjakan salat sunah ini sepanjang bulan Ramadan.

Memberi Makanan kepada Orang yang Berbuka Puasa
Sebagaimana sabda Rasulullah: ” Barang siapa yang memberikan makanan kepada orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala (orang yang berpuasa) dalam keadaan tidak berkurang sedikitpun dari pahala orang yang berpuasa itu,” (Hadis riwayat Ahmad, Tirmzi, Ibn Majah dan ad-Darimi).

Membaca Alquran
Malaikat Jibril dan Rasulullah senantiasa membaca ayat suci Alquran sepanjang Ramadan.

Allah SWT berfirman: “Bulan Ramadan yang padanya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan mejadi keterangan yang menjelaskan petunjuk dan (menjelaskan) perbedaan antara yang benar dan yang salah,” (Surah Al-Baqarah, ayat 185).

Saidina Usman bin Affan khatam Al-Quran setiap hari pada bulan Ramadan. Imam Zuhri berkata, “Sesungguhnya Ramadan itu bulan membaca Alquran dan menyediakan makanan untuk orang berpuasa”. (wowmenariknya.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.