oleh

Narkoba Penghancur Generasi Muda, Gembongnya Layak Dihukum Mati

PortalMadura.Com, Sumenep – Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Ach. Fauzi mengatakan, jika peredaran narkoba semakin marak dan masuk ke semua kalangan masyarakat. Parahnya, generasi muda menjadi sasaran utama penyalahgunaan barang haram ini. Mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi.

“Banyak generasi muda tersandung narkoba. Baik sebagai pengguna maupun pengedar,” katanya pada deklarasi desa bersih narkoba (bersinar) dan pengukuhan pegiat anti narkoba di Desa Kalianget Barat, Kecamatan, Senin (21/12/2020).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Maka dari itu, lanjut dia, sangat relevan jika semua pihak menyatakan perang terhadap narkoba. Sebab narkoba merupakan ancaman nyata bagi keamanan dan ketahanan negara. Narkoba menurut dia bisa melemahkan keutuhan suatu bangsa. Selain itu, narkoba merusak tatanan masyarakat. Karena narkoba akan memunculkan tindak kejahatan lainnya.

“Maka, hukuman mati bagi gembong narkoba adalah tepat,” tegas Fauzi.

Berdasarkan data Polres Sumenep, lanjut dia, sepanjang 2020 pihak kepolisian sudah berhasil mengungkap sebanyak 89 kasus narkoba. Dari puluhan kasus itu, 137 orang ditetapkan sebagai tersangka. Rinciannya, 130 laki-laki dan 7 perempuan dengan total BB 307,16 gram sabu-sabu dan 10 butir inex.

“Sebanyak 29 orang saat ini menjalani rehabilitasi,” ujarnya.

Sementara itu, dalam deklarasi desa bersinar dan pengukuhan pegiat anti narkoba yang dilakukan oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta masyarakat Desa Kalianget Barat, terdapat beberapa poin yang menjadi tugas bagi para pegiat anti narkoba di desa tersebut.

Di antaranya, bersedia menerima sanksi hukum dan sanksi sosial jika terbukti melakukan penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Berkomitmen mendukumg Badan Narkotika Nasional (BNN) ataupun Polri dalam upaya menegakkan hukum, pencegahan peyalahgunaan dan pemberantasan, peredaran gelap narkoba (P4GN).

Kemudian selalu tetap menyatakan perang terhadap penyalahgunaan narkoba dimanapun berada. Menolak secara tegas masyarakat yang melakukan penyalahgunaan dan memberantas peredaran gelap narkoba yang berada di lingkungan masyarakat Desa Kalianget Barat. Selain itu, berkomitmen menjadi generasi penerus bangsa yang akan terus meningkatkan kapasitas dan prestasi. (*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar