Nenek Moyang Himpass Berjuang Lewat Laut, Kini Upacara HUT RI di Pantai eKasoghi

@pantaiekasoghi
Pengibaran bendera merah putih pada peringatan HUT ke-75 RI di @pantaiekasoghi, Sumenep (Ist)

PortalMadura.Com, – Sekelompok pemuda yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep () menggelar upacara HUT ke-75 RI di pantai wisata eKasoghi, Saronggi, Sumenep, Senin (17/8/2020) pagi.

Layaknya upacara pada umumnya, pengibaran bendera merah putih dan puluhan peserta upacara berlangsung di tengah laut serta terpantau khidmat.

Salah seorang mahasiswa, Arif menyampaikan, tujuan dari upacara dilakukan di laut merupakan refleksi bahwa laut merupakan bagian tempat berjuang.

“Kami mahasiswa dari wilayah kepulauan. Nenek moyang kami ikut berjuang merebut kemerdekaan melalui wilayah laut. Maka, kami upacara di pantai,” katanya pada wartawan.

Selain itu, pemilihan lokasi , karena tempatnya strategis. “Sebagai pantai baru, layak di-branding untuk promosi pariwisata Sumenep,” ujarnya.

Mereka juga berkemah (camping) di pantai eKasoghi dan menggelar workshop. “Kami nginap semalam dan melakukan renungan suci,” katanya.

Sementara, Manajer Wisata Pantai Ekasoghi, Sumenep, Fadel Abu Aufa, mengaku salut dengan semangat mahasiswa asal kepulauan Sapeken.

“Mereka memang luar biasa semangatnya. Kami senang dan berterima kasih dijadikan tempat untuk memperingati HUT RI tahun ini,” katanya.

Bahkan, upacara bendera merah putih tidak hanya dilakukan di laut, di darat juga berlangsung oleh sekelompok pemuda lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.