4 Cara Aman Keluarkan Dahak pada Bayi

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Aman Keluarkan Dahak pada Bayi
Ilustrasi (health.detik.com)

PortalMadura.Com – Di tengah cuaca yang tidak menentu, bayi rentan mengalami batuk dan pilek. Bayi tidak bisa mengeluarkan dahaknya sendiri. Ia butuh bantuan Anda untuk membersihkan saluran pernapasannya.

adalah lendir yang dikeluarkan tubuh manusia atas reaksi gangguan di saluran pernapasan atas. Dahak muncul jika bayi mengalami pilek, flu, atau karena masalah alergi saluran napas atas. Selain dapat mengganggu pernapasannya juga dapat mengganggu proses menelan ASI. Bayi Anda menjadi rewel karena ia merasa tidak nyaman dan belum bisa mengeluarkan dahak tanpa bantuan Anda.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Minggu (16/8/2020), berikut langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengeluarkan dahak pada bayi.

Melalui Uap

Cara ini membantu mengencerkan lendir pada bayi. Lakukan cara ini di kamar mandi. Siapkan air panas pada ember, lalu tutup pintu kamar mandi agar uap panas tidak keluar. Duduk bersama di kamar mandi, selama sekitar 20 menit. Lakukan hingga empat kali sehari. Bisa juga melakukannya di kamar tidur.

Menepuk Dada atau Punggung

Cara ini lebih mudah dilakukan yaitu dengan menepuk dada atau punggung bayi. Tepuk punggungnya dengan kuat di area paru-paru. Gunakan tangan yang ditangkupkan untuk menepuk saat dia berbaring, dengan posisi kepala sedikit lebih rendah dari bagian tubuh lainnya, dan posisikan badan si kecil miring.

Posisi ini membantu lendir keluar dari saluran pernapasannya. Bisa juga menepuk dada bayi dengan kuat untuk membantu mengencerkan lendirnya. Gabungkan tepukan dengan perawatan uap untuk menggandakan efek mengeluarkan lendir.

Tingkatkan Asupan Cairan

Cairan tambahan dalam tubuh bayi dapat membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah untuk keluar dari saluran pernapasannya. Jika bayi di bawah 6 bulan, jangan minum air putih dan jus. Melainkan dapat memberinya lebih banyak ASI. Bayi di atas 1 hingga 2 tahun dapat minum air dan jus untuk mengencerkan dahak.

Hubungi Dokter

Dahak sering kali hilang dengan sendirinya selama beberapa hari. Jika bayi tampak bernapas dengan baik dan makan, minum, serta tingkat aktivitasnya normal, orang tua dapat terus merawatnya di rumah dan memantaunya untuk setiap perubahan.

Jika napasnya tampak sedikit sesak, hubungi dokter anak untuk menanyakan apakah ia perlu datang berkunjung. Segera hubungi bayi jika pernapasannya menjadi sangat cepat atau jika ia sangat kesulitan bernapas. Alasan lain untuk menemui dokter termasuk warna kulit kebiru-biruan, demam tinggi, penurunan aktivitas yang signifikan, atau gejala yang memburuk.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.