oleh

Ngeriii, Ini 4 Tempat Paling Horor di Jakarta

PortalMadura.Com – Siapa coba yang tidak mengenal Jakarta?. Ibu kota dari Negara Indonesia ini dikenal dengan kota megapolitan. Selain sangat padat, ada banyak kemegahan dari gedung-gedungnya yang menjulang tinggi.

Namun, di sisi lain dari kota ini yaitu ada sebuah aura mistik yang dipercaya sering muncul penampakan hantu. Walaupun ceritanya tersebar dari mulut ke mulut tapi tempat ini tetap ramai dikunjungi banyak orang. Tidak hanya itu, tempat ini bahkan menggoda para produser untuk mengangkat menjadi sebuah film horor hingga akhirnya laris di pasaran.

Nah, di mana saja lokasi paling berhantu yang melegenda di Jakarta itu?. Berikut empat tempatnya:

Taman Kota Langsat
Taman Kota Langsat di bilangan Mayestik, Jakarta Selatan, terlihat asri dengan pohon-pohon yang terawat dan fasilitas joging track. Jauh dari kata menyeramkan. Berbeda dengan dulu yang terlihat tertutup dengan pohon-pohon besar dan pagar tinggi di sekelilingnya.

Ternyata dibalik keindahannya, Taman Kota Langsat menyimpan misteri. Kabarnya, saat malam tiba, warga kerap melihat penampakan kuntilanak dan gendoruwo di pohon-pohon besar di sana. Seorang satpam yang sudah bertahun-tahun bertugas di sana, sering mencium bau-bau aneh dan mendengar suara tertawa yang tidak jelas sumbernya.

Kepopuleran Taman Kota Langsat sebagai tempat berhantu di Jakarta, menggoda Produser KK Dheeraj mengangkatnya menjadi sebuah film horor berjudul Taman Langsat Mayestik (2014). Film ini diperankan oleh Ki Joko Bodo, Metta Permadi, Fauzi Imam, Andreano Philip.

Rumah Kentang Prapanca
Sebuah rumah mewah di Jalan Dharmawangsa, Prapanca, Jakarta Selatan diyakini memiliki aura mistik yang sangat kuat. Setiap malam, rumah tersebut mengeluarkan bau kentang rebus yang sangat menusuk hidung.

Konon, di rumah itu pernah terjadi peristiwa tragis. Seorang anak kecil terjatuh dalam kuali yang tengah digunakan untuk merebus kentang. Cerita tentang rumah kentang itu bergulir sangat cepat. Di akhir 90-an, Rumah Kentang Prapanca sangat populer. Banyak mobil dan motor yang sengaja melintas di sana, untuk membuktikan keangkeran rumah tersebut.

Pada 2012, Jose Poernomo menggarap film horor berjudul Rumah Kentang. Kisah mistik Rumah Kentang diangkat menjadi film. Dibintang Shandy Aulia, Tasya, Gilang Dirgahari dan Ki Kusumo. Hantu anak kecil menjadi inti cerita dalam film tersebut.

Jembatan Ancol
Sejak tahun 1970-an, jembatan Ancol, Jakarta Utara, sudah dikenal sebagai tempat berhantu di Jakarta. Penampakan perempuan cantik kerap muncul di jembatan tersebut.

Perempuan cantik tersebut bernama Siti Ariah atau Maryam. Kecantikan hantu Maryam membuatnya dijuluki Si Manis Jembatan Ancol. Konon, hantu Maryam ini adalah seorang wanita cantik yang diperkosa dan dibunuh, lalu mayatnya dibuang ke kali Ancol pada masa lalu.

Kejadian itu berlangsung puluhan tahun lalu, saat Ancol masih merupakan rawa-rawa dan hutan bakau. Pernah juga ada kesaksian seorang pelukis di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol. Ia mengaku, pada suatu malam didatangi seorang wanita cantik yang minta dilukis. Saat lukisan setengah jadi, tiba-tiba wanita itu menghilang.

Cerita misteri Si Manis Jembatan Ancol ini pernah difilmkan pada 1973 silam, dibintangi Ratno Timoer dan Lenny Marlina. Dua puluh tahun kemudiam, 1993, cerita ini diangkat kembali dalam sebuah sinetron seri berjudul Si Manis Jembatan Ancol. Maryam diperankan oleh Diah Permatasari yang kemudian digantikan oleh Kiki Fatmala.

Rumah Pondok Indah
Di akhir 2002, masyarakat dikejutkan dengan cerita hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah kosong di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Cerita itu menghebohkan karena hanya tertinggal gerobak jualannya di depan rumah mewah tersebut.

Menurut cerita yang beredar, malam sebelumnya, tukang nasi goreng tersebut mengantarkan nasi goreng yang dipesan seorang perempuan dari dalam rumah tersebut. Padahal rumah itu sudah lama kosong.

Dalam sejarahnya, konon seisi rumah tersebut tewas terbunuh dalam peristiwa perampokan yang bermotif persaingan bisnis. Kabarnya, sering muncul penampakan hantu berwujud bapak-bapak dan seorang perempuan di rumah tersebut. Keangkeran rumah kosong Pondok Indah tersebut tersebar hingga seantero Nusantara. Karena setiap hari, rumah tersebut ramai dikunjungi orang dari berbagai daerah. Sampai petugas keamanan komplek perumahan mewah itu turun tangan untuk membubarkan massa.

Pada 2006, keangkeran rumah Pondok Indah tersebut diangkat menjadi film oleh sutradara Rudy Soedjarwo. Dibintangi oleh Asha Shara, Ricky Harun, Arswendi, Chintami Atmanegara dan Titi Qadarsih. Keangkeran rumah Pondok Indah kembali difilmkan pada 2013 dengan judul Rumah Angker Pondok Indah. Dibintangi oleh Bella Shofie, Nabila Putri dan Ferly Putra.

Itulah beberapa tempat yang dipercaya angker di daerah Jakarta. Anda berani coba untuk mendatanginya?. (liputan6.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar