Oli Motor Bocor? Ini 3 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Oli Motor Bocor? Ini 3 Penyebabnya
Ilustrasi (Media Pangandaran)

PortalMadura.Com – Oli merupakan pelumas komponen di mesin agar gesekan antar part mulus. Biasanya masalah yang sering terjadi yaitu bocor. Hal ini pasti disebabkan beberapa hal.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Wahana Honda, berikut beberapa penyebab oli motor bocor.

Volume Oli yang Berlebihan

Jika dicermati, pada dinding mesin kendaraan biasanya terdapat informasi mengenai volume cairan pelumas yang disarankan. Lewat informasi itu, Anda bisa mengetahui seberapa banyak kuantitas pelumas yang ada di dalam mesin kendaraan. Apabila oli yang terisi dalam mesin berlebihan tentu saja bisa menyebabkannya merembes sampai keluar.

Nah, opsi lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan dipstick. Tidak hanya berfungsi sebagai tutup lubang pengisian oli saja, perangkat ini juga biasa digunakan untuk melihat seberapa banyak kapasitas oli. Anda juga bisa melihat bagaimana kondisi kekentalan oli dengan alat ini. Apabila oli sudah sangat kental dan berwarna hitam pekat maka sudah waktunya diganti.

Seal yang Sudah Rusak atau Habis Usia Pakainya

Seal atau karet yang sudah berada dalam kondisi tidak prima juga bisa menjadi penyebab bocornya oli pada sepeda motor. Ini terjadi ketika komponen tersebut pecah atau mengalami keretakan karena usia pakainya yang melampaui batas.

Bahan seal jika terpapar oleh panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras. Hal inilah yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu. Jika sudah demikian, solusi utamanya mengganti dengan seal baru.

Packing Mesin yang Sudah Tua

Faktor berikutnya bisa dipengaruhi packing mesin motor yang bocor. Hal ini biasanya disebabkan karena usia pakai atau karena motor sudah berusia tua. Untuk itu jika kendaraan roda dua Anda dirasa sudah cukup tua, segera lakukan pengecekan secara menyeluruh, termasuk packing mesin.

Itulah beberapa penyebab oli bocor di sepeda motor. Apapun faktor penyebabnya, Anda harus segera memperbaikinya agar hal tersebut tidak berdampak fatal.

Jika oli dibiarkan bocor atau merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli akan berkurang bahkan hingga habis. Tentu hal itu akan menghambat kinerja mesin.

Oli yang bocor juga bisa saja mengotori lantai atau bahkan jalanan yang Anda lewati. Jika dalam jumlah besar, oli bocor ini juga akan berbahaya bagi pengendara lain, karena dapat membuat permukaan jalan menjadi licin

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.