Orang Tua, Ini Pentingnya Obrolan Meja Makan untuk Bentuk Karakter Anak

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua, Ini Pentingnya Obrolan Meja Makan untuk Bentuk Karakter Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Didikan orang tua merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan . Karena itu, orang tua harus memberi dan membangun komunikasi yang baik demi tumbuh kembang anak. Nah, salah satu untuk mewujudkannya yakni dengan memanfaatkan momen yang dihabiskan bersama anak di meja makan.

Dengan kata lain, obrolan saat makan bisa dimanfaatkan untuk membentuk karakter anak-anak. Anda bisa menanamkan nilai kebaikan dan pelajaran hidup lewat cara yang santai.

Menurut dr.Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK, belajar makan bersama di meja bisa dimulai ketika anak sudah mengenal variasi makanan, MPASI yakni enam bulan. Entah di kursi atau di pangku, yang penting libatkan anak dalam makan bersama.

Baca Juga : Warga Madura Dapat Hibah Sapi Belgian dari Presiden Jokowi

“Ini penting sekali untuk membangun karakternya. Etika di ruang makan, komunikasi dengan bapak ibunya itu di meja makan,” ujarnya.

Untuk membentuk karakter anak yang kuat, Nurul menyarankan untuk selalu mengajak anak makan bersama. Alasannya, supaya selalu ada komunikasi antara orang tua dan anak.

Ia juga menyarankan agar selalu mengusahakan mengajak makan anak bersama di meja makan. Tidak hanya Sabtu dan Minggu, tapi hari biasa juga. Tidak masalah meskipun pada malam hari dan si kecil juga hanya bisa acak-acakin makanan di meja makan tidaklah masalah. Dari sini si kecil akan berkomunikasi dengan bapak dan ibunya.

Demikian pentingnya mengajak si kecil makan bersama di meja makan untuk membentuk kepribadian anak. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.