oleh

Orang Tua, Ketahui Cara Menyenangkan Siapkan Anak Hadapi Ujian Sekolah

PortalMadura.Com – Ujian kerap kali dipandang suatu hal yang menakutkan bagi setiap orang. Tak heran, bila mau menghadapi ujian menjadi stres. Hal tersebut bisa dialami siapa saja, tak terkecuali anak-anak.

Bahkan, terkadang justru orang tua yang menjadi dua kali lebih stres. Stres pada orang tua seperti takut nilai anak jelek atau tidak lulus ujian, membuat mereka akhirnya memberi tekanan berlebih pada anak.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya sikap berlebihan seperti itu justru membuat anak tak bisa menerima informasi yang diberikan. Lantas, bagaimana sebaiknya bagaimana cara mempersiapkan anak untuk belajar? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: 7 Ribu Personel Gabungan Amankan Pemilu 2019 di Pamekasan

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, seoarang psikolog anak menjelaskan apa yang sebaiknya dilakukan para orangtua dalam mempersiapkan anak yang akan menghadapi ujian.

“UN (Ujian Nasional) sekarang ini saya lihat orang tua tidak usah nyuruh anak belajar. Di sekolah ada pengayaan, orang tua tinggal siapkan rumah sebagai tempat yang nyaman istirahat. Karena otak bekerja maksimal saat rileks. Kalau tegang (pelajaran) enggak akan masuk,” ucap Vera.

Ia juga mengaku bahwa justru mengajak anaknya menonton film sehari sebelum ujian, namun dengan syarat telah belajar dengan benar.

Ia juga menjelaskan alasan mengapa anak harus belajar dalam kondisi yang menyenangkan. Menurutnya, rasa senang seperti yang dialami saat bermain meningkatkan hormon endorfin, dopamin dan asupan oksigen ke otak, yang membuat anak semakin attentive dan terlibat dalam proses belajar.

Vera juga mengatakan, orang tua tak harus mendesak anak untuk belajar. Bentuk dorongan dan semangat dari orang tua yang bisa membuat anak belajar dengan hati senang antara lain dengan membuat tempat belajar anak lebih nyaman hingga menyiapkan camilan.

“Tanya anak butuhnya apa. Anak kelihatannya saja santai, tapi dia tahu apa yang harus dilakukan. Anak kelas 6 SD mereka itu tahu apa yang harus dilakukan,” ujarnya.

Itulah cara menyenangkan menyiapkan anak hadapi ujian. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar