Organisasi Mahasiswa Dituntut Tetap Independen

Avatar of PortalMadura.Com
Organisasi Mahasiswa Dituntut Tetap Independen

PortalMadura.Com, Bangkalan– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Imron Rosyadi, mengajak menjaga independesinya sebagai mahasiswa yang kritis dan berkontribusi terhadap pembangunan daerah. Hal itu disampaikan dalam acara Konferensi Cabang HMI yang ke 17 di Gedung Aula DPRD setempat, Rabu (6/9/2017).

Menurutnya, dinamika yang terjadi di organisasi adalah bentuk pembelajaran bagi generasi penerus, sehingga proses tersebut harus bebas dari intervensi dari pihak manapun, karena akan berimbas pada pola kepemimpinan di masa yang akan datang.

“Organisasi kemahasiswaan adalah proses pembelajaran untuk memilih pemimpin, karena jika organisasi kemahasiswaan tidak belajar memilih pemimpin, maka Indonesia tidak akan memiliki pemimpin yang baik,” katanya.

Dia menuturkan, hampir 70 sampai 80 persen dalam memilih pemimpin tidak didasarkan pada kebebasan dan kemerdekaan dalam memilih. Hal ini menjadi masalah dalam demokrasi saat ini.

Pembelajaran kedua adalah bagaimana dirinya dipilih. Maka biarkan mahasiswa itu benar-benar merdeka dalam melakukan proses pembelajaran ini, tanpa adanya intervensi dari pihak pihak lain.

Senada dengan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangkalan, Jimhur Saros. Organisasi kemahasiswaan yang ada saat ini hendaknya melakukan evaluasi serta mencari rumusan yang relevan dengan kebutuhan zaman, sehinga organisasi yang ada di daerah memberikan kontribusi yang jelas bagi pembangunan daerah.

“Pengurus organisasi ditingkat cabang ini, harus mampu memberikan kontribusi pemikiran pemikiran yang positif, bukan hanya aksi demonstrasi, karena kami juga membutuhkan pemikiran itu di sebagai fungsi legislasi di dewan,” tegas dia.

Pihaknya yang selama ini aktif didunia pergerakan dan media mencontohkan, bahwa independesi mahasiswa tersebut sama dengan profesi jurnalis, yang selalu menjadi penyalur aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada penguasa, sehingga pembangunan dan kemajuan suatu daerah sangat berkaitan dengan kedua profesi tersebut.

“Makanya, harapan kedepan, semua organisasi dapat menjaga independesinya sebagai mahasiswa,” tandasnya.(Hamid/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.