Pakai Sulfur Bisa Bikin Kulit Kering, Benarkah?

Avatar of PortalMadura.com
Pakai Sulfur Bisa Bikin Kulit Kering, Benarkah
Ilustrasi (Tempo.co)

PortalMadura.Com – Salah satu dari sekian berbagai masalah kulit yang cukup mengganggu yaitu jerawat. Masalah ini hampir mengalami semua orang tanpa mengenal usia. Baik masih remaja ataupun orang yang sudah terbilang dewasa.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari faktor keturunan, hormon, atau juga karena kelalaian Anda dalam membersihkan kulit. Dalam hal ini saat membersihkan sisa-sisa makeup Anda masih kurang cermat.

Berbicara tentang jerawat, di antara berbagai obat atau perawatan yang biasa digunakan, menjadi salah satu kandungan yang dipercaya efektif untuk mengatasinya.

Namun, di balik manfaat baik tersebut, tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa kandungan ini rentan membuat kulit jadi kering. Benarkah demikian?. Untuk mengetahui kejelasannya, mari simak uraian berikut ini:

Cara Kerja Sulfur

Sulfur alias belerang merupakan salah satu unsur kimia yang mengandung banyak protein dan kerap ditemukan di kolam air panas maupun dalam lumpur terapi.

Nah, sebelum mengetahui apakah sulfur dapat menyebabkan kulit kering, ada baiknya diketahui dulu cara kerjanya. Dilansir PortalMadura.Com, Selasa (5/11/2019) yang dikutip dari laman Fimela.com, Menurut dr. Ratna Purnamasari, bahan alami ini bekerja dengan tiga cara pada jerawat.

“Pertama, sulfur dapat mengelupaskan lapisan kulit bagian teratas. Hal ini dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat, sehingga membantu mengurangi terjadinya jerawat. Kedua, kandungan ini bekerja sebagai antibakteri yang dapat menghentikan perkembangbiakan Propionibacterium acnes, penyebab jerawat meradang. Terakhir, sulfur bekerja menyerap produksi minyak berlebih yang jadi salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori,” jelasnya.

Perlu Anda ketahui, bahan alami beraroma khas ini memiliki cara kerja yang serupa dengan kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid. Namun, sulfur cenderung memiliki formula yang lebih lembut bagi kulit, sehingga cocok digunakan sekalipun jenis kulitnya sensitif.

Baca Juga : Belerang Bisa Sembuhkan Jerawat, Benarkah?

Selain efektif mengatasi jerawat, sulfur juga baik untuk melawan bakteri penyebab gatal pada kulit berkat sifat antimicrobial dan anti-inflamasi yang dimilikinya.

Lantas, benarkah sulfur dapat membuat kulit kering?.

Mengingat salah satu cara kerja sulfur adalah membuat bagian kulit teratas mengelupas, potensi terjadinya kulit kering pun bisa saja ada. Jadi, bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakannya maka pikirkan saja terlebih dahulu.

Daripada Anda salah mengambil tindakan, bukan tidak mungkin akan menjadi masalah tersendiri pada kulit cantik Anda. Namun, hal ini dapat dihindari jika Anda menggunakan produk perawatan yang tepat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.