oleh

Pandemi, Pencari Kerja Minim di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Permohonan kartu kuning (AK1) atau pencari kerja selama tahun 2020 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tergolong minim.

“Pemohon AK1 menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dampak pandemi,” kata Kasi Informasi Disnaker, Kabupaten Sumenep, Wiyono, Jumat (20/11/2020).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Pencari kerja tahun ini mencapai 1.044 orang. Mereka mendaftar melalui daring 848 orang. Sisanya, 196 orang datang langsung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Sumenep.

Jenjang pendidikannya, mulai dari SLTA, S1 dan D3. Namun, pihaknya belum merekap rincian dari masing-masing tingkatan pendidikan pencari kerja tersebut.

Data tahun lalu, pencari kerja di Kabupaten Sumenep tembus hingga 12.408 orang. Sebagian besar di antara mereka sisa pencari kerja tahun sebelumnya.

Ia menyampaikan, angkatan kerja pada tahun 2019 banyak yang terbantukan dengan kegiatan job fair (pameran bursa kerja) yang dilakukan perguruan tinggi dan sejumlah perusahaan swasta maupun BUMD/BUMN.

Namun, pada masa pandemi ini, kata dia, pencari kerja menurun seiring dengan minimnya angkatan kerja maupun tidak adanya job fair. “Banyak pengangguran sekarang. Apalagi tidak ada lapangan pekerjaan dan ditambah adanya Covid-19,” pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar