Panduan Mencari Titik Tumpu Dongkrak Mobil yang Benar

Avatar of PortalMadura.com
Panduan Mencari Titik Tumpu Dongkrak Mobil yang Benar
Ilustrasi (AutoExpose)

PortalMadura.Com – Alat yang biasanya digunakan untuk membantu mengangkat bodi mobil yaitu dongkrak. Salah satu perkakas ini wajib dimiliki setiap pemilik mobil agar ketika mengalami masalah pada bagian roda segera bisa diatasi.

Penggunaannya memang cukup merepotkan, apalagi jika belum memahami prosesnya dengan baik dan benar. Terutama yang baru memiliki mobil, kadang bingung posisi tumpuan dongkrak idealnya seperti apa.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, berikut ini akan diberikan panduan mengenai penggunaannya:

Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, setiap dongkrak didesain sesuai dengan tipe dan berat kendaraan. Begitu juga titik tumpuannya, sudah ditentukan dan tertera di dongkrak maupun buku panduan.

“Titik tumpuan sudah didesain, sebagai fondasi yang kuat dalam mengangkat beban kendaraan. Kalau salah titik, mengakibatkan deformasi atau kerusakan,” ujarnya.

Baca Juga : Bingung Ganti Ban Serep Mobil? Begini Cara yang Baik dan Benar

Didi mengatakan, setiap mobil memiliki titik tumpuan yang berbeda-beda. Untuk Rush atau Avanza, jika bagian roda depan yang bocor, maka titiknya di lengan ayun roda bagian bawah.

Jika masalah terjadi di roda belakang, maka adalah batang stabilizer. Untuk kendaraan sekelas sedan, titik dongkraknya di bawah pintu.

Dongkrak biasanya ada tiga jenis, yakni model ketupat, hidrolik atau mulut buaya. Biasanya, dongkrak yang didapat dari pabrikan mobil atau diler model ketupat, karena mudah digunakan dan disimpan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.