Para Orangtua, Ini 5 Tips Efektif Lindungi Remaja dari Bahaya Media Sosial Internet

Avatar of PortalMadura.Com
Para Orangtua, Ini 5 Tips Efektif Lindungi Remaja dari Bahaya Media Sosial Internet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini, internet atau media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok semua kalangan. Namun, kehadiran teknologi yang satu ini seperti pisau bermata dua. Bisa memberikan manfaat baik atau sebaliknya, menjerumuskan kepada hal buruk. Nah, salah satu dilema orangtua yang hidup pada zaman modern ini, yaitu kemudahan anak remaja mengakses internet.

Kendati demikian, remaja masih terlalu polos untuk menyadari akan bahaya dunia maya. Hal ini, karena memang sudah menjadi tugas orangtua untuk melindungi mereka dari segala macam bahaya, termasuk di dunia internet.

Orangtua saat ini harus belajar agar tidak gagap teknologi demi melindungi anak-anak dari bahaya internet. Bukan harus menjadi terlalu protektif, tapi orangtua bisa mendampingi anak-anak dan memberikan informasi mengenai bahaya dunia maya.

Berikut lima cara melindungi anak dari bahaya :

Beritahu Beberapa Aturan Dasar
Apakah anak Anda seorang remaja atau anak sekolah dasar?. Anda perlu memberitahu mereka beberapa pedoman dasar internet. Misalnya, katakan bahwa apa pun yang dibagikan di internet akan tetap ada selamanya dan tidak ada yang 100 persen privasi.

Buka Internet Selalu dengan Anda
Pertama, beritahu anak arti dari informasi pribadi. Menyusun daftar informasi pribadi yang boleh dibagi di internet. Jelaskan bahwa mereka harus berkonsultasi dengan Anda sebelum berbagi informasi pribadi di internet.

Proteksi dan Penggunaan Password
Remaja saat ini bisa membuat akun email mereka sendiri. Meskipun password email telah dianjurkan untuk memilih yang kuat, tetapi Anda harus menyarankan jenis password kepada mereka.

Katakan kepada mereka bahwa password bisa menjadi campuran karakter huruf dan simbol-simbol khusus, serta mengingatkan untuk tidak memberitahunya kepada orang lain.

Batasi Penggunaan Media Sosial
Anak-anak menghabiskan banyak waktu di media sosial, sehingga penting memberitahu mereka apa yang boleh dan tidak untuk dibagi dengan orang lain. Orangtua juga bisa mempunyai akun khusus untuk memantau aktivitas anak di media sosial.

Peringatkan Anak tentang Penipuan Melalui Game
Dampingi anak Anda ketika menginstal game. Pastikan mendownload game hanya dari sumber yang memiliki reputasi jelas atau membaca ulasan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari anak Anda mendownload game online gratis yang mungkin bisa merusak perangkat. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.