Para Pemudik, Perhatikan Hal Ini Saat Simpan Barang di Atap Mobil

Avatar of PortalMadura.com
Para Pemudik, Perhatikan Hal Ini Saat Simpan Barang di Atap Mobil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian pemudik, menggunakan mobil pribadi menjadi suatu pilihan. Pasalnya, mayoritas pemudik biasanya membawa banyak barang yang diperlukan. Namun perlu diingat, jangan sampai membawa barang terlalu berlebihan sehingga membuat mobil overload.

Pada umumnya, juga menjadi pilihan pemudik untuk meletakkan barang. Tapi ingat, untuk meletakkan barang di atap mobil ada alatnya, yaitu roofrack atau roofbox. Meski sudah ada roofrack atau roofbox itu, perlu diperhatikan penggunaannya.

Roofrack itu memang membantu. Tapi kalau bisa pakai roofrack yang tertutup, kayak kapsul (roofbox) itu,” kata Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

Jika mau tetap pakai roofrack yang terbuka, pastikan semua barang bawaan tertutup. Bisa ditutup pakai terpal.

“Memang sah-sah saja selama itu nggak mengganggu. Kadang-kadang kan ikatnya nggak benar, terpalnya menggelayut dan sebagainya, itu yang ditakuti,” ungkapnya.

Nah, untuk menyimpan barang di atap mobil, pastikan barang itu adalah yang paling ringan. Jangan sampai menaruh barang yang berat di atap.

“Yang berat-berat di dalam kabin aja. Supaya titik gravitasi kendaraan itu tidak terganggu. Jadi (pengendalian mobil, red) lebih stabil. Kalau memang roofrack diisi barang, pastikan kecepatan maksimalnya 60 km/jam. Kalau di atas 60 km/jam, mobil bisa lebih limbung, apalagi mobil jenis SUV,” ucapnya. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.